Bagaimana Cara Mandikan Bayi Baru Lahir? Ini Tipsnya bagi Para Ibu Baru
Ilustrasi (Khoa Pham/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda gugup memandikan bayi yang baru lahir? Memandikan bayi mungkin terasa menakutkan pada awalnya, tetapi dengan sedikit latihan, Anda akan mulai merasa lebih nyaman saat memandikannya. Mulailah dengan mempelajari hal-hal dasar dalam memandikan bayi, seperti yang dilansir VOI dari Mayoclinic, Minggu, 29 Maret.

Seberapa sering bayi perlu dimandikan?

Bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari. Tiga kali seminggu mungkin cukup sampai bayi mulai merasa terbiasa. Memandikan bayi terlalu sering dapat membuat kulit bayi menjadi kering.

Bagian tubuh yang perlu jadi perhatian untuk sering dibersihkan adalah wajah, leher, dan area popok. Di sela-sela mandi, Anda juga dapat memeriksa lipatan kulit bayi, termasuk paha, selangkangan, ketiak, dan dagu. Jika perlu, bersihkan area ini dengan waslap basah.

(Nathan Dumlao/Unsplash)

Lebih baik memandikan bayi di pagi atau malam hari?

Itu terserah Anda. Pilih waktu dimana Anda merasa tidak terganggu atau terburu-buru dengan aktivitas ini. Beberapa orang tua memilih untuk memandikan bayi di pagi hari. Yang lain lebih suka memandikan bayi pada malam hari sebagai ritual sebelum tidur. Jika Anda memandikan bayi setelah menyusui, pertimbangkan untuk menunggu perut bayi sedikit tenang terlebih dahulu.

Jenis bak bayi apa yang terbaik?

Setelah bayi siap untuk mandi, Anda dapat menggunakan bak plastik atau wastafel. Lapisi bak mandi atau wastafel dengan handuk bersih. Kumpulkan perlengkapan yang akan Anda gunakan untuk mandi seperti spons, air bilasan, dan sampo bayi. Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di dalam air.

Berapa banyak air yang harus dimasukkan ke dalam bak mandi?

Rekomendasi umum adalah 2 inci (sekitar 5 sentimeter). Selama waktu mandi, selalu pastikan untuk memberikan perhatian penuh kepada bayi dan menggendong bayi dengan aman. Jika Anda lupa sesuatu yang Anda perlukan untuk mandi, bawalah bayi Anda. Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendirian di bak mandi bahkan untuk sesaat.

Bagaimana dengan suhu air?

Air hangat adalah yang terbaik. Untuk mencegah panas, atur termostat pada pemanas air Anda di bawah 120 F (49 C). Selalu periksa suhu air dengan tangan Anda sebelum memandikan bayi. Pastikan ruangan juga hangat dan nyaman. Segera keringkan tubuh anak setelah mandi. Ingat, bayi akan merasa mudah kedinginan jika badannya basah. 

Apa yang harus dibersihkan terlebih dahulu?

Kebanyakan orang tua mulai dengan kepala dan wajah bayi dan turun ke bagian tubuh yang lebih kotor. Ini membuat area yang dibilas tidak bersabun lagi.

Perlukah Memberi shampoo pada rambut bayi?

Jika bayi Anda memiliki rambut dan menurut Anda perlu dicuci, maka lakukanlah. Dengan satu tangan, pijat lembut setetes sampo bayi ke kulit kepalanya.. Bilas sampo dengan secangkir air atau waslap basah. Tangkupkan satu tangan di dahi bayi untuk mencegah busa masuk ke mata.