Selain Bikin Hidup Makin Semangat, Ini 5 Alasan Pentingnya Memiliki Teman
Ilustrasi (Patrick Buck/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Persahabatan dapat memperkaya hidup dengan banyak cara. Teman yang baik mengajari Anda tentang diri sendiri dan menantang Anda untuk menjadi lebih baik. Mereka siap memberi dukungan untuk tidak menyerah saat menghadapi masa-masa sulit dan merayakan kesuksesan bersama Anda.

Sesungguhnya kehadiran teman juga membawa dampak positif pada kesehatan. Beberapa penelitian bahkan mengatakan persahabatan punya efek yang sama penting pada kesehatan, sama seperti makanan bergizi dan berolahraga

Jadi, bagaimana persahabatan berkontribusi pada kesejahteraan hidup Anda?

Memiliki teman berdampak baik bagi kesehatan fisik

Ternyata, memiliki hubungan sehat sangat berkontribusi pada kesehatan fisik. Berada dalam lingkaran pertemanan yang intim dapat mengurangi risiko masalah kesehatan seperti diabetes, serangan jantung, dan stroke. Memiliki ikatan sosial yang kuat juga dapat mengurangi perasaan kesepian.

Teman dapat mendorong perilaku sehat

Teman yang baik dapat membantu membuat perubahan gaya hidup yang secara langsung berdampak pada kesejahteraan Anda. Misalnya, Anda dan teman bisa sama-sama menetapkan perencanaan makan sehat atau membuat rencana olahraga beberapa kali dalam seminggu. Kehadiran teman juga dapat mengawasi Anda dan memberi peringatan ketika ada perilaku tidak sehat yang Anda lakukan.

Selain itu, orang lebih termotivasi untuk hidup sehat ketika mereka melakukannya dengan seorang teman. Jauh lebih mudah untuk keluar dan tetap aktif ketika Anda memiliki teman yang setia.

Teman memberi dukungan emosional

Jika Anda mengalami masa sulit, memiliki teman dapat membantu melalui masa transisi dengan mudah. Penelitian juga menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat menular antar teman. Satu penelitian terhadap siswa sekolah menengah, melansir Very Well Mind, Selasa, 29 Maret menemukan bahwa orang yang depresi dua kali lebih mungkin untuk pulih jika mereka memiliki teman yang bahagia. Demikian juga, anak-anak memiliki kemungkinan terhindar dari depresi jika memiliki teman dengan suasana hati gembira.

Teman membantu membangun rasa percaya diri

Setiap orang memiliki rasa ragu akan diri sendiri. Tetapi teman yang mendukung bisa memainkan peran besar dalam membangun rasa percaya diri Anda. Teman yang suportif dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dengan memberikan pujian dan penenangan saat Anda merasa tidak yakin. Mereka akan memberitahu betapa besar pengaruh kehadiran Anda pada orang lain.

Teman memberi dorongan untuk jadi yang lebih baik

Teman juga bisa memberikan pengaruh positif. Jika Anda berteman dengan orang-orang yang murah hati, gemar membantu orang lain, atau sayang akan keluarga, kemungkinan besar Anda juga akan mengembangkan nilai-nilai tersebut.

Teman yang baik memiliki kekuatan untuk membentuk Anda menjadi versi terbaik dari diri Anda. Mereka melihat dan mencintai Anda apa adanya. Mereka memberi dorongan untuk berbuat lebih baik dan menjadi versi terbaik diri Anda.