Tips Membuat Susu Formula Bayi yang Tepat, Mama Sudah Tahu?
Susu Formula Bayi (Foto: Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu susu yang dijadikan alternatif oleh para ibu untuk dijadikan ASI adalah susu formula. Ibu yang sudah tidak mampu lagi memberikan ASI biasanya akan memberikan susu formula kepada bayi. Ibu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Saat ini susu formula dengan banyak jenis merek yang berbeda-beda sudah aman dan sehat untuk bayi. Anda bisa menemukan rekomendasi susu formula di internet, salah satunya dari situs  Pickybest.id .

Pemberian susu formula juga yang lumayan mudah dilakukan menjadi salah satu kelebihan susu formula yang diberikan. Tidak seperti ASI yang sangat terjaga kebersihannya, formula susu berbeda.

Jika ibu memberikan susu formula namun dengan teknik yang salah, hal ini akan berakibat fatal bagi bayi. Bayi bisa saja menjadi sakit, sehingga untuk mengurangi hal tersebut, berikut penjelasan terkait membuat dan menyeduh susu formula bayi yang tepat.

Alat dan Bahan

Hal pertama yang penting untuk diketahui adalah persiapan alat dan bahan. Alat berupa botol susu bayi, begitu juga dengan termometer, namun jika tidak memiliki termometer air juga tidak apa-apa. Sedangkan untuk bahannya sendiri adalah tentu saja susu bubuk yang ingin diseduh untuk bayi.

Penting untuk diketahui bahwa untuk botol susu bayi ini harus berbahan khusus dan aman untuk bayi. Jangan gunakan plastik karena plastik akan mengeluarkan zat berbahaya untuk bayi.

Perhatikan juga untuk titiknya, pastikan bahan yang digunakan adalah bahan yang aman. Setelah semua telah tersedia, baik alat dan bahan, lanjut ke langkah berikutnya.

Jaga Kebersihan

Kebersihan adalah faktor yang sangat penting yang merupakan penentu susu yang diberikan sehat atau tidaknya. Pastikan sebelum menyentuh alat-alat yang berhubungan dengan pembuatan susu bayi, tangan harus bersih. Jangan lupa untuk cuci tangan menggunakan sabun dan air mengelir. Jika Anda flu maupun batuk, sebaiknya tindakan menyeduh susu ini dilakukan orang lain yang sehat, namun jika terpaksa, sebaiknya kamu menggunakan masker untuk membuatnya.

Setelah tangan bersih, jangan lupa untuk menjaga kebersihan botol susu bayi juga. Jika Anda perlu menggunakan alat khusus membersihkan botol susu, namun jika tidak, Anda bisa melakukannya dengan cara konvensional.

Pertama kamu bisa memasak udara hingga mendidih, lalu masukkan botol susu bayi ke dalam air yang sudah dimasak hingga mendidih tersebut. Tunggu hingga sekitar 5 menit, lalu angkat botol susunya.

Gunakan Air yang Matang

Tentu saja, sesuai dengan judulnya, kamu harus memastikan air yang kamu gunakan untuk menyeduh susu adalah air yang dimasak hingga mendidih. Hal ini penting untuk memastikan bahwa air yang digunakan untuk menyeduh susu adalah air yang bebas dari bakteri.

Jika air tersebut telah 100% mendidih, selanjutnya tunggu air tersebut hingga suhunya turun. Jika kamu memiliki termometer air, kamu bisa mengukur hingga suhunya turun sekitar 70 derajat.

Namun jika kamu tidak memiliki termometer, kamu dapat mengukurnya dengan mengambil sedikit air tersebut menggunakan sendok lalu taruh di atas punggung tanganmu. Jika kamu masih merasakan terlalu panas, tunggu sebentar lagi.

Penting untuk kamu ketahui yaitu jangan mencampurkan air yang kamu masak dengan air dingin agar suhu airnya turun. Hal ini adalah tindakan yang salah. Kamu harus memastikan suhu air yang kamu masak turun dengan sendirinya dan tidak menambah air dingin dari yang lain, karena sama saja dengan air yang kamu buat menyeduh susu belum tentu bebas dari kuman.

Seduh Susu dengan Benar

Setelah semuanya dipersiapkan, temukan  formula susu terbaik  pilihan Anda langsung ke botol susu bayi. Ingat, sebelumnya kamu harus memperhatikan takaran yang disarankan, jangan berlebihan maupun kurang, itu sudah disesuaikan dengan gizi dan usia bayi kamu.

Setelah susu ke botol susu bayi, masukkan air yang kamu masak tadi ke dalam botol bayi. Sesuaikan juga dengan jumlah takaran air yang sudah disarankan di kotak susu. Selanjutnya tutup botol susu dan kocok susu hingga tidak ada lagi serbuk yang terlihat.

Selanjutnya, pastikan kembali susu dapat diminum dengan sedikit susu di atas punggung tanganmu. Saat kamu sudah merasa suhunya sesuai, maka kamu dapat memberikan susu tersebut kepada bayi kamu.

Demikian ulasan terkait menyeduh formula susu dengan cara yang tepat kepada bayi, semoga bayi kamu dan tentu saja kamu juga tetap sehat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita terkini dan terlengkap untuk anda.