Stress Eating Bikin Makan Banyak Tak Aturan, Berikut Cara Mengatasinya Supaya Tidak Menyebabkan Penyakit
Ilustrasi Stress Eating (istockphoto-1157383523/Istock)

Bagikan:

PALEMBANG- Ada beberapa tipe kondisi seseorang ketika sedang mengalami stres, salah satunya adalah stres makan. Meski terkesan bukan masalah yang berat, namun faktanya stres makan tidak bisa disepelekan. Walaupun ini memang terlihat tak berbahaya. Akan tetapi, bisa membahayakan kesehatan, yakni menyebabkan obesitas. Jika sering dibiarkan, tubuh akan terlalu banyak menyimpan kalori sehingga berat badan sulit dikendalikan.

Pola makan yang tidak sehat inilah yang menyebabkan penyakit lainnya, seperti diabetes dan hipertensi. Lalu, bagaimana cara mengatasi stres makan? Inilah beberapa cara untuk mengatasinya, melansir Psycom, Rabu, 16 Maret.

Kenali pemicu stres

Identifikasi penyebab yang membuat Anda stres makan. Jika sudah tahu, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya atau setidaknya mencari tahu masalah yang sedang terjadi.

Kurangi stres dengan berolahraga

Jika Anda sehat secara fisik, Anda lebih tahan terhadap efek stres maupun gangguan kesehatan mental . Olahraga menyebabkan perubahan kimiawi di otak yang mengurangi stres, tetapi biarkan saja, stres sendiri dapat membuat sebagian orang merasa malas berolahraga. Jika kesibukan membuat Anda sulit untuk pergi ke gym atau bahkan melakukan olahraga kecil di rumah, coba tingkatkan jumlah jalan kaki, lakukan aktivits berkebun, bersih-bersih rumah, atau gerakan olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Intinya, tetap bergerak.

Konsumsi makanan bergizi

cinta untuk mengonsumsi makanan sehat dan rendah kalori saat stres makan melanda. Jika Anda memilih makanan yang sehat dengan serat, protein dan lemak sehat, akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Tingkatkan praktik mindfulness

Meditasi, yoga, tai chi, dan yang berfokus pada pemusatan pikiran dapat membantu pikiran dan tubuh Anda menurut ilmu psikologi . Ketika dalam keadaan mindfull, tenang, dan fokus, Anda lebih mampu membuat pilihan gaya hidup yang lebih cerdas dan lebih sehat. 

Tetapkan Jadwal Makan

Perlu diingat “Makan itu Kebutuhan bukan kebutuhan”, jika Anda selalu ingat kalimat ini, lama-lama akan terbiasa dan terkontrol. Usahakan makan rutin tiga kali sehari, termasuk ketika sedang stres.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.