Cuci Muka Pakai Air Dingin vs Hangat, Ketahui Mana yang Lebih Baik untuk Kulit
Ilustrasi mencuci muka dengan air dingin atau hangat (Pexels/Miriam Alonso)

Bagikan:

JAKARTA – Usai beraktivitas seharian, cuci muka merupakan kebiasaan orang pada umumnya. Disamping membersihkan makeup, mencuci muka bertujuan mengangkat kotoran dan debu yang menempel. Lantas baiknya memakai air dingin atau hangat?

Rutinitas sederhana, mencuci muka, dilakukan untuk menjaga kulit tetap segar dan enggak berjerawat. Saat membersihkan wajah, temperatur air penting. Supaya hasilnya optimal, suhu air panas bukan pilihan terbaik untuk kulit Anda.

Air panas berbahaya bagi kulit wajah sensitif. Bahkan menyebabkan kulit lebih kering daripada sebelumnya. Selain itu, mencuci wajah dengan temperatur air yang panas akan menghilangkan minyak alami yang menjaga kelembapan kulit. Artinya, dalam kondisi apa harus menggunakan air dingin?

Mencuci wajah dengan air dingin, saran Sophia Knap, ahli kosmetik berlisensi dilansir Healthline, bisa dilakukan bagi Anda dengan kulit wajah kering dan rawan jerawat. Mandi air dingin juga termasuk sebagai hidroterapi. Manfaatnya menignkatkan sirkulasi, peningkatan endorfin, dan metabolisme.

Menurut American Academy of Dermatolog (AAD), mencuci wajah dengan air dingin bisa mengurangi bengkak, membuat kulit terasa segar, dan wajah ‘terbangun’ jika dilakukan pada pagi hari. Karena itu, Anda bisa mencuci wajah dengan air dingin secukupnya saat membuka hari.

Berdasarkan rekomendasi ADA dilansir Beauty Magazine, Rabu, 2 Maret, air dengan suhu antara dingin-panas, membantu menjaga kesehatan kulit. Air hangat dapat memastikan sabun muka berbusa dengan jumlah tepat. Untuk menyeimbangkan minyak alami kulit dan mengangkat kotoran menempel di kulit wajah, Anda bisa mencucinya dengan temperatur air suam-suam kuku.

Setelah mencuci wajah dengan air hangat, Knapp menyarankan untuk membilas dengan air dingin. Air hangat bermanfaat membuka pori-pori dan mengangkat polutan. Sedangkan air dingin menutup pori-pori dan meningkatkan sirkulasi darah.

Knapp juga merekomendasikan dua kali sehari untuk mencuci wajah, pagi dan malam. Terlalu sering justru menyebabkan kulit kering dan iritasi. Rekomendasi lainnya, pastikan tubuh cukup hidrasi dan pakai produk perawatan wajah secara bijak.