8 Aktivitas yang Bisa Dilakukan saat Merasa Kesepian
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Merasa kesepian tidak hanya terjadi saat Anda sendiri. Faktanya, beberapa orang menikmati waktu saat mereka sendiri. Di sisi lain, hanya karena Anda berada di sekitar orang lain tidak berarti Anda tidak bisa merasa kesepian. Anda bahkan mungkin merasa kesepian saat berada di ruangan yang penuh dengan orang.

Ketika Anda tidak merasa terhubung dengan siapa pun atau merasa sulit dipahami, Anda mungkin merasa seolah-olah benar-benar sendirian bahkan saat berada di sekitar teman atau keluarga.

Kesepian adalah hal normal. Namun jika dibiarkan, bisa berdampak buruk bagi kesehatan emosional dan fisik. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kesepian efeknya sama buruk seperti merokok 15 batang per hari.

Apakah Anda merasa kesepian saat berada di rumah sendiri atau mengalami rasa kesepian mendalam yang tidak pernah hilang, penting untuk mengatasi kesepian dengan cara sehat. Berikut adalah delapan hal yang dapat Anda lakukan ketika merasa kesepian, menyadur Very Well Mind, Rabu, 2 Maret.

Akui jika merasa kesepian

Jangan buang energi melawan perasaan atau mencoba menekan emosi. Setiap orang terkadang merasa kesepian dan ini bukan berarti Anda pecundang maupun lemah. Penelitian menemukan bahwa dengan melabeli perasaan dapat mengurangi intensitasnya. Jadi, mengakui Anda kesepian dapat membantu otak memahami perasaan dan secara instan membantu mengurangi rasa tersebut.

Cari tahu alasannya

Ada kalanya masalah perlu dipecahkan, namun di lain waktu ada saatnya mencari tahu tentang masalah tersebut. Pertimbangkan apakah cara terbaik mengatasi kesepian harus melibatkan pemecahan masalah (dengan berhubungan dengan seseorang) atau memecahkan perasaan Anda tentang masalah tersebut (menjaga emosi Anda).

Jika Anda merasa kesepian dan memiliki teman atau anggota keluarga yang dapat dihubungi, Anda mungkin memutuskan cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan menghubungi mereka karena Anda tahu berbicara di telepon membantu mengusir kesepian.

Tapi, jika tak ada yang merespon telepon, libatkan diri dalam strategi koping yang sehat sehingga memungkinkan Anda merasa lebih baik. Menggambar, merajut, atau berkebun adalah contoh kegiatan yang dapat membantu mengatasi kesepian dengan cara sehat.

Gabung dalam grup atau klub

Selain berpotensi terhubung dengan teman lama, Anda mungkin bisa juga terkoneksi dengan orang baru. Cari kegiatan komunitas yang dirasa cocok untuk Anda. Atau coba menghadiri satu acara dan prioritaskan berbicara dengan beberapa orang. Anda akan merasa bahwa menghadiri beberapa acara berbeda atau bergabung dengan beberapa klub membantu Anda bertemu lebih banyak orang.

Baca buku

Membaca buku membuat Anda masuk ke dalam kepala karakter atau narator. Ini akan membantu memahami cara berpikir orang lain dan membantu Anda merasa lebih terhubung. Baik dalam bentuk apapun, buku dapat memperluas dunia dan membantu mengatasi kesepian.

Belajar hal baru

Saat kesepian, berusahalah belajar hal baru. Baik bahasa baru atau keterampilan baru, semuanya dapat membantu Anda merasa lebih baik. Ini juga bisa jadi kesempatan membuka pintu untuk bertemu orang baru. Mendaftar kelas masak atau cari kursus online yang bisa diikuti sesuai bakat dan minat.

Lakukan hobi

Saat kesepian, hal tepat yang bisa dilakukan adalah mendalami hobi yang selama ini terbengkalai. Jika Anda tidak memiliki hobi apa pun, jadikan prioritas untuk menemukannya. Bereksperimenlah dengan berbagai aktivitas, mulai dari memancing, memahat atau apapun itu hingga Anda menemukan hal-hal yang disukai.

Memasak menu baru

Anda bisa bereksperimen untuk mencoba resep baru tanpa khawatir dihakimi atau dinilai oleh keluarga, teman atau pasangan Anda. 

Mendengarkan musik 

Menurut beberapa penelitian, musik dapat meningkatkan kinerja kognitif, membuka kreatifitas, dan meningkatkan mood Anda.