Tak Usah Gundah, Begini 5 Cara Menikmati Hari Valentine Sendirian
Ilustrasi menikmati Hari Valentine sendirian (Freepik/Lifeforstock)

Bagikan:

JAKARTA – Bagi Anda yang tidak atau belum memiliki pasangan, Hari Valentine mungkin terasa menekan. Ketika berjalan ke luar rumah, melihat pasangan bergandengan tangan membawa lesatan imaji berbagi kasih bersama pasangan. Tenang, saat single seseorang tetap bisa menikmati kasih sayang.

Menurut Alli Spotts-De Lazzer, MA., LMFT., LPCC., CEDS-S. dilansir Psychology Today, Senin, 14 Februari, aspek sejarah yang berkaitan dengan hari Valentine tidak berfokus pada pasangan romantis. Artinya Anda perlu berpikir out of the box dan menemukan cara menyenangkan serta kreatif untuk menikmati hari ini. Berikut cara-cara disarankan oleh Spotts-De Lazzer supaya tetap bisa menikmati Hari Valentine saat single.

1. Memberikan kartu Valentine untuk orang di sekitar

Kartu Valentine bisa diberikan ke siapa saja, termasuk teman, orang asing, kasir perbelanjaan, hingga kerabat. Ketika memberikan langsung kartu Valentine, perhatikan senyuman yang terjadi. Kartu yang tanpa pretensi atau dengan tujuan baik tersebut memberikan kesan menyenangkan bagi Anda ataupun yang menerimanya.

2. Prioritaskan hubungan dengan teman atau orang berarti bagi Anda

Tak melulu kepada pasangan, kasih sayang bisa juga diprioritaskan untuk orang yang berarti buat Anda. Baik dengan panggilan jarak jauh melalui Zoom, atau mengirim greeting card lewat pesan elektronik.

3. Lakukan aktivitas penuh kasih untuk diri sendiri

Spotts-De Lazzer mencontohkan, Anda bisa menulis surat cinta untuk diri sendiri. Isinya soal terima kasih pada pikiran dan tubuh serta segala hal yang dilakukan untuk mencapai kualitas hidup.

4. Lakukan hal baik untuk orang lain

COVID-19 mengubah banyak hal, termasuk kebiasaan sehari-hari. Pada masa seperti ini, Anda bisa melakukan hal baik untuk orang lain. Misalnya mengirim makanan untuk teman yang sedang berjuang melawan serangan virus.

5. Ingatkan pada diri bahwa kegundahan akan berakhir

Hari Valentine berlangsung satu hari saja, kata Spotts-De Lazzer. Ketika televisi, umpan media sosial, dan media lain memberitakan tentang pasangan romantis, ini akan berakhir esok. Artinya Anda juga tak perlu kejam pada diri sendiri sehingga membuat hati gundah. Maka, nikmati warna-warni suasana Valentine dengan gembira termasuk ketika sendirian.