Minum Kopi Bermanfaat Menurunkan Asam Urat bagi Perempuan, Penelitian Berikut Menjelaskannya
Ilustrasi minum kopi untuk asam urat (Unsplash/Freestocks)

Bagikan:

PALEMBANG- Mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandung purin tinggi dapat memicu terjadinya masalah kesehatan asam urat. Rasa sakit karena radang sendi berkembang ketika asam urat dalam darah tidak normal.

Kondisi nyeri pada persendian disebabkan pembentukan kristal oleh asam urat pada persendian. Seringkali dirasakan pada kaki dan jempol kaki. Ketika mengalaminya, ada beberapa cara untuk menangani. Seperti minum obat dengan resep dari dokter ataupun menghindari makanan pantang untuk dikonsumsi. Cara lain tanpa minum obat, ditemukan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition.

Manfaat Kopi Menurunkan Asam Urat

Penelitian tersebut dilakukan pada 2010 oleh Hyon K. Choi dan Gary Curhan, menunjukkan bahwa perempuan yang dalam jangka waktu yang lama mengonsumsi kopi berkaitan dengan penurunan risiko terkena penyakit asam urat.

Selama 26 tahun, peneliti mendapatkan 896 data kasus asam urat. Data tersebut menunjukkan bahwa penyakit asam urat banyak dialami perempuan pada usia semakin menua hingga lebih dari 70 tahun. Di sisi lain, peneliti menemeukan bahwa konsumsi kopi bermanfaat mengurangi konsentrasi asam urat serum dan memengaruhi resistensi insulin. Kafein potensial bersifat seperti allopurinol, obat penurun asam urat.

Asupan kopi jangka panjang, menurut penelitian tersebut di atas, berkaitan dengan konsentrasi insulin yang lebih rendah, peningkatan sensitivitas insulin, dan mengurangi ekskresi urat ginjal. Manfaat kafein ini berperan signifikan karena hormon perempuan pada konsentrasi asam urat serum memengaruhi metabolisme asam urat.

Perempuan yang Rutin Konsumsi Kopi Dapat Menurunkan Asam Urat

Perempuan yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari menurunkan risiko asam urat sebesar 22 persen dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Sedangkan jika mengonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari mengalami penurunan 57 persen risiko terkena asam urat.

Batasan Konsumsi Kopi Supaya Tidak Berlebihan

Namun, di sisi lain, minum kopi perlu dibatasi sebab bisa mengundang risiko masalah kesehatan lainnya. Meskipun bermanfaat, lakukan cara minum kopi yang sehat. Seperti hindari minum kopi menjelang jam tidur malam, minum kopi dengan gula, batasi maksimal minum kopi 4 cangkir sehari, dan minimalisir memakai krimer. Untuk menyesap kenikmatan kopi, pilih biji kopi terbaik Nusantara baik robusta maupun arabika.

Kopi, selain berpotensi menurunkan risiko asam urat pada perempuan, juga berkaitan dengan kardiovaskular. Sebuah tinjauan yang dilakukan tahun 2014, dilansir Medical News Today, minum kopi 3-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko penyakit kardiovaskular terendah.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.