5 Tips Tampil <i>Stylish</i> dengan Busana Gaya Minimalis
Ilustrasi tips berbusana gaya minimalis (Unsplash/Engin Akyurt)

Bagikan:

JAKARTA – Tren mode berkembang terus, bahkan tak pernah henti. Sebagai konsumen, Anda bisa memilih gaya fashion sesuai persona diri. Namun bisa juga membatasi untuk membeli pakaian secara teratur dan menjalankan prinsip gaya minimalis.

Gaya minimalis dikenal memegang prinsip less is more dan menghindarkan perilaku konsumtif. Konsep minimalis menghindari hal-hal yang kurang bermakna. Dalam ranah berbusana, gaya minimalis memaksimalkan fungsi dan kualitas. Artinya, Anda bisa memulai dengan memilah pakaian yang tersimpan di lemari dan mempertimbangkan untuk decluttering pun memakai item berdasarkan fungsinya. Untuk memulai gaya minimalis dalam berbusana, Anda bisa mengikut tips-tips berikut di bawah ini.

1. Bersihkan lemari Anda

Mulailah dengan membangun lemari minimalis dan menginventarisasi item pakaian yang Anda miliki saat ini. Sertir dan atur pakaian berdasarkan item, pisahkan tumpukan yang berbeda: sumbangkan, konsinyasi, dan disimpan.

Gaya minimalis mendukung mode berkelanjutan, artinya apa yang sudah Anda miliki tidak berakhir di tempat sampah. Simpan pakaian yang Anda sukai, sumbangkan yang masih layak, dan jual tumpukan yang masih memungkinkan mendapat kehidupan baru.

2. Ciptakan tampilan unik berdasarkan gaya Anda

Isi lemari pakaian menggambarkan kepribadian. Sangat penting untuk merasa percaya diri dan nyaman dengan pakaian yang Anda kenakan. Saat membuat lemari pakaian minimalis, singkirkan tren musiman dan temukan gaya unik untuk Anda.

3. Pilih pakaian berdasarkan kualitas

Tidak bisa disangkal bahwa membangun gaya minimalis tidak membutuhkan biasa yang sedikit. Tetapi penting dipertimbangkan bahwa pakaian berkualitas dari merek yang etis berharga lebih mahal dibanding fast fashion. Merek dengan pertimbangan etis memiliki bahan tahan lama dan berkelanjutan sehingga pekerja fashion dibayar dengan tunjangan serta upah yang adil.

4. Pilih gaya busana yang timeless

Item busana gaya minimalis, bisa dipilih yang timeless. Seperti coat, atasan turtleneck, jaket jeans, sweater rajut, rok A-line, blazer setelan, kemeja, terusan warna netral. Item busana yang enggak terbatas waktu secara mode ini membuat penampilan Anda tak pernah ketinggalan jaman. Jika item-item tersebut dipadukan secara kreatif, Anda tetap bisa tampil stylish.

5. Tampil dengan riasan natural

Gaya dan riasan saling melengkapi, untuk tampil minimalis, Anda bisa memilih riasan natural. Prinsip minimalis juga bisa diimplementasikan dalam memilih produk makeup. Seperti Anda memilih dari bahan natural yang sustainable, sesuai fungsi, dan minim sampah kemasan.

Terkait