Enggak Hanya Mengatur Pola Makan, Ketahui 5 Manfaat Diet Sehat
Ilustrasi manfaat diet untuk tubuh (Unsplash/Brooke Lark)

Bagikan:

JAKARTA – Memasuki usia 40, tubuh mengalami perubahan besar seperti metabolisme bekerja menurun karena aktivitas juga lebih sedikit. Meskipun begitu, diet sehat bisa menjadi solusi untuk mencegah menurunnya kesehatan.

Diet sehat dengan mengatur apa yang baik dimakan, vitamin dan nutrisi yang terkandung, berikut manfaatnya bagi kesehatan Anda yang sudah menjalaninya sejak usia muda.

1. Makan jadi lebih nikmat

Mengutip artikel yang dipublikasikan Health Guide Organization, Jumat, 11 Februari, diet sehat tidak sekedar mengatur porsi, jenis, kualitas, dan variasi makanan yang dimakan. Tetapi juga memengaruhi kenikmatan makan dan kehidupan sosial Anda. Seperti makan bersama orang lain sama pentingnya dengan menambahkan vitamin ke dalam makanan Anda.

2. Mencegah penyakit

Makan sehat bisa mencegah berbagai penyakit kronis. Penelitian di laboratorium, dilansir Live Strong, menemeukan bahw diet seimbang dapat mengurangi potensi terkena kanker. Bahkan American Cancer Society merekomendasikan makan makanan seimbang dengan penekanan pada makanan nabati untuk pencegahan lebih optimal.

Diet juga mengurangi terkena penyakit Alzheimer, menurut penelitian Pusat Medis Universitas Rush. Sedangkan diabetes dan obesitas adalah penyakit lainnya yang bisa dicegah dengan diet sehat.

3. Jantung lebih sehat

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian dini. Diet tinggi biji-bijian, unggas, ikan, dan kacang-kacangan tetapi membatasi daging merah, lemak, permen, dan minuman manis dapat mengurangi risiko hipertensi. Terlebih membatasi asupan garam dan natrium yang merupakan faktor utama penyebab hipertensi.

Untuk hasil maksimal, bisa menjalani diet kombinasi agar jantung tetap sehat. Selain tetap rutin olahraga yang juga membantu menjaga aliran darah dan jantung memompa.

4. Meningkatkan energi

Diet sehat menyediakan vitamin dan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan energi dan perkembangan secara tepat. Ketika vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak tercukupi, maka masalah pada tubuh akan dialami. Misalnya, ketika kekurangan vitamin C dan folat dapat menyebabkan anemia.

5. Memperbaiki suasana hati

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa makan sehat berkaitan erat dengan suasana hati. Pada tahun 2016, peneliti menemukan bahwa diet dengan beban glikemik tinggu dapat memicu peningkatan gejala depresi dan kelelahan, dilansir Healthline. Makanan yang mengandung beban glikemik tinggi mencakupt banyak karbohidrat olahan, seperti dalam minuman soda, kue, roti putih, dan biskuit.

Sedangkan sayuran dan biji-bijian utuh memiliki beban glikemik yang lebih rendah. Artinya, manfaat diet sehat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja, tetapi juga kesehatan mental.