10 Kata Panggilan untuk Anak yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Orang Tua, Berpengaruh Buruk pada Karakter dan Mental
Ilustrasi orang tua dan anak (Gustavo Fring/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Meski terkesan sepele, namun faktanya kata-kata punya daya pengaruh yang besar pada pikiran dan perasaan manusia. Kata-kata memang punya dua sisi, yaitu bisa menyenangkan hati, bisa juga melukai. Tantangannya adalah ketika Anda masih kecil dan baru mengenal dunia, kata-kata yang sering didengar berperan penting dalam membentuk jati diri Anda dan juga pandangan terhadap dunia. 

Terutama saat menjadi orang tua. Cara Anda berbicara tentang diri sendiri berdampak pada anak-anak, sama seperti cara Anda berbicara tentang mereka. Orang tua adalah contoh pertama mereka di dunia, orang tua adalah cinta pertama dan panutan pertama mereka. Semua yang Anda lakukan membentuk karakter anak.

Memanggil Anak Berdasarkan Ciri Fisik

Jika mereka mendengar Anda berbicara buruk tentang diri sendiri, mereka akan berpikir tidak apa-apa bagi mereka untuk berbicara buruk tentang diri mereka sendiri. Tidak menganggap paras mereka cantik atau hanya karena hidung mereka terlihat berbeda dari anak-anak lain yang seusia, tidak berarti mereka kurang istimewa.

Memanggil Anak Berdasarkan Perilaku Negatif

Maureen Healy, seorang psikolog anak di Amerika Serikat, menyarankan bahwa orang tua sebaiknya belajar tidak memanggil anak dengan panggilan-panggilan tertentu sesuai dengan perilaku negatif mereka. Dengan kata lain, ia membalik skrip. “Saya telah membantu seorang anak laki-laki, Tommy, mulai melihat dirinya sebagai orang yang ‘berhati-hati’, alih-alih mengatakan ia seorang ‘pengecut’, tutur Healy, dilansir dari Yourtango, Rabu, 26 Januari.

Ini adalah sifat-sifat positif yang awalnya dianggap sebagai hal negatif. Seseorang harus menerima hal-hal buruk yang orang katakan tentangnya dan percaya sebaliknya. Karena hanya ia yang bisa memutuskan bagaimana perasaannya tentang diri sendiri.

Tentu saja, Anda sedang berproses sebagai orang tua yang kadang membuat kesalahan. Intinya adalah Anda perlu sedikit lebih sadar terkait kata-kata yang dilontarkan dari lidah ke dalam hati anak-anak.

Kata Panggilan yang Sebaiknya Tidak Diucapkan Orang Tua kepada Anak

  1. cengeng
  2. Pilih-pilih (rewel)
  3. Lemah
  4. cengeng
  5. Tak berguna
  6. Anak Bermasalah
  7. Hipersensitif
  8. Drama queen
  9. Pemberontak
  10. Nakal

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.