Tips Meningkatkan Skil di Rumah untuk Menjaga Produktivitas Tanpa Harus Pergi Keluar
Ilustrasi Kursus Online (Foto: Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Tahun 2022 adalah tahun kedua berjalannya musibah pandemi COVID-19 yang belum kunjung reda. Pandemi telah menyebabkan banyak kegiatan yang terkendala.

Pemerintah menerapkan program pembatasan kegiatan di luar rumah guna mengurangi penyebaran virus COVID-19. Setelah hampir dua tahun berada dalam keadaan ini, mungkin Anda merasa bosan.

Tetapi jangan sampai masa pandemi ini membuat Anda kehilangan produktivitas. Anda dapat mengisi kegiatan di rumah dengan mengikuti berbagai kursus online untuk meningkatkan atau menambahkan skill baru yang Anda miliki. Hal ini tentu akan lebih bermanfaat dan tidak membuat Anda bosan. Berikut ini rekomendasi skill yang dapat Anda tingkatkan selama masa pandemi.

Memasak

Memasak merupakan suatu basic life skill yang perlu dimiliki oleh setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun saat ini terdapat teknologi yang memudahkan Anda untuk mendapatkan makanan seperti layanan pesan antar, memiliki kemampuan memasak juga penting dan dapat memberikan Anda berbagai keuntungan. Dengan memiliki kemampuan memasak, Anda dapat memasak menu makanan sendiri sehingga lebih hemat. Ketika memasak sendiri, Anda juga dapat memastikan kebersihan dan gizi makanan yang akan dimakan. Tidak hanya itu, kemampuan memasak yang Anda miliki dapat dimanfaatkan menjadi ladang bisnis. Anda dapat membuka usaha kuliner melalui kemampuan yang Anda miliki. Jadi, meningkatkan kemampuan memasak bukan hal yang merugikan bukan?

Make Up

Make up merupakan kegiatan merias wajah yang dibantu dengan berbagai alat dan bahan kosmetik. Tentu make up termasuk kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Tetapi banyak orang yang saat ini tidak dapat luput dari make up untuk menunjang pekerjaan, khususnya bagi kaum perempuan. Memiliki kemampuan make up dapat menguntungkan diri sendiri karena Anda dapat merias diri sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain. Selain itu, apabila Anda tertarik untuk menekuni kemampuan make up, Anda dapat menghasilkan uang melalui kemampuan make up. Anda dapat menjadi seorang Make Up Artist, yang bertugas merias wajah orang lain. Untuk menjadi seorang Make Up Artist, ada berbagai kemampuan merias yang perlu Anda miliki dan Anda dapat mempelajarinya dengan mengikuti kursus atau kelas make up.

Digital Marketing

Kegiatan manusia yang saat ini tidak luput dari internet, membuat para pebisnis tak ingin ketinggalan mengambil kesempatan untuk memanfaatkan internet dengan maksimal dalam kegiatan usahanya. Digital marketing muncul sebagai kegiatan pemasaran baru yang berfokus pada strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Pada era ini, skill digital marketing sangat dibutuhkan bahkan menjadi skill yang high-demand. Banyak perusahaan yang mencari para digital marketer untuk membantu kelangsungan bisnisnya. Skill digital marketing juga akan bermanfaat untuk diri sendiri, ketika Anda ingin memulai dan menjalankan suatu bisnis. Anda dapat memaksimalkan penjualan produk dengan menerapkan digital marketing. Yang termasuk skill digital marketing diantaranya adalah copywriting, social media marketing, search engine optimization, project management, dan data analysis. Untuk menguasai nya, Anda dapat mengikuti berbagai kelas digital marketing. Saat ini banyak lembaga yang menyediakan kelas kursus digital marketing dan dapat diikuti secara online.

Desain Grafis

Ketika menjelajahi internet, secara tidak langsung terbentuk komunikasi visual antara Anda dan apa yang Anda lihat di internet. Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang mengandalkan kemampuan tipografi, pengolahan gambar, tata letak, ilustrasi, dan fotografi. Kemampuan desain grafis juga tak kalah dibutuhkan di era 4.0. Desain grafis menjadi media yang mampu menyampaikan informasi yang disisipkan sampai kepada sasaran, sehingga desain grafis sangat dimanfaatkan dalam kegiatan pemasaran secara online. Saat ini banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat desain grafis seperti Canva dan Adobe Photoshop.

Bahasa

Di era yang memudahkan untuk berkomunikasi dan bekerja sama antar negara, tentu bahasa menjadi kemampuan yang perlu dimiliki untuk memudahkan komunikasi dengan banyak orang. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin. Terlebih bahasa Inggris yang saat ini menjadi bahasa internasional, rasanya setiap orang saat ini perlu memahami bahasa Inggris. Untuk mempelajari bahasa asing, Anda dapat mempelajari secara otodidak maupun dengan mengikuti kursus.

Microsoft Excel

Microsoft excel dikenal sebagai salah satu software yang menjadi basic dalam pengoperasian komputer dan digunakan untuk mengolah data statistik. Pada dunia kerja, kemampuan mengoperasikan microsoft excel sangat penting karena microsoft excel juga dapat digunakan sebagai aplikasi database yang digunakan perusahaan untuk mengelola berbagai data yang sangat banyak. Bahkan banyak pencari kerja yang mengaku bahwa kemampuan microsoft excel sangat membantu untuk mendapatkan pekerjaan. Anda dapat memanfaatkan berbagai tools di microsoft excel untuk mengelola dan menganalisa data dengan mudah.

Itulah beberapa rekomendasi skill yang tentunya akan sangat bermanfaat khususnya dalam bekerja. Anda dapat mempelajari skill-skill tersebut melalui kursus online dari rumah dengan waktu yang fleksibel. Untuk mendapatkan kelas kursus online yang terpercaya, Anda dapat mencarinya di aplikasi atau situs Blibli yang dilengkapi dengan berbagai diskon menarik.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.