Jangan Salah, Ternyata Petroleum Jelly Bisa Dimanfaatkan untuk 5 Hal Ini
Ilustrasi manfaat petroleum jelly (Unsplash/Tawfiqu barbhuiya)

Bagikan:

JAKARTA – Kulit merupakan bagian tubuh paling luar yang butuh perawatan. Supaya perawatan bisa dilakukan secara tepat, Anda bisa memakai petroleum jelly. Faktanya, jelly pelembap ini tidak hanya bisa dipakai untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan tidak kering.

Dilansir American Academy of Dermatology Association, Jumat, 14 Januari, skincare dengan harga miring ini kerap dijumpai di nakas atau lemari obat. Ternyata, petroleum jelly ini juga dipakai untuk seluruh keluarga. Apa saja manfaatnya? Berikut ini daftarnya.

1. Mengatasi kulit kering, termasuk bibir dan kelopak mata

Kulit kering bisa mengelupas, gatal-galat, hingga berdarah. Petroleum jelly bentuknya seperti salep, dan produk ini lebih efektif mengatasi kulit kering dibanding losion. Apabila kulit kelopak mata dan bibir kering, Anda bisa mengoleskan tipis-tipis petroleum jelly.

2. Membantu menyembuhkan luka

Ketika luka mulai mengering, biar enggak terkeropeng dan berdarah, bisa dioleskan dengan petroleum jelly. Ini membantu mencegah luka semakin mengering dan tidak jadi keropeng. Perlu Anda ketahui bahwa keropeng luka lebih lama sembuh, artinya sebelum menjadi gatal dan mengganggu bisa diatasi dengan mengoleskan petroleum jelly.

3. Mencegah gesekan

Iritasi kulit umumnya disebabkan oleh gesekan. Kondisi ini sangat menyakitkan apalagi ketika kulit bergesekan dengan pakaian yang kaku dan tidak nyaman. Untuk mencegah lecet, oleskan petroleum jelly, seperti pada telapak kaki ataupun pangkal paha.

4. Mengobati ruam popok

Ruam popok yang dialami bayi, bisa diatasi dengan menjaga kulitnya tetap kering dan bersih. Namun ketika mengalami ruam, oleskan petroleum jelly setiap kali mengganti popok. Dengan perawatan yang tepat, ruam bayi akan hilang dalam waktu sekitar 3-4 hari. Apabila ruam tidak mereda, segera periksakan ke dokter kulit, ya.

5. Melembapkan kuku

Jika Anda sering memakai kuteks, manicure, dan pedicure, oleskan petroleum jelly pada bagian kutikula. Manfaatnya, meminimalkan kerapuhan dan membantu mencegah kuku terkelupas. Untuk hasil paling efektif, oleskan setelah kuku dicuci atau sedang basah.

Meskipun petroleum jelly memiliki banyak manfaat, tetapi hindari dioleskan pada kulit sensitif karena bisa memicu tumbuhnya jerawat pada wajah.

Selain manfaat di atas, petroleum jelly juga bisa membantu alis tampak lebih penuh dan membantu pertumbuhannya lebih panjang.