Tindik Telinga Gatal saat Pakai Anting, Kenali Penyebab dan Caranya Mengatasi
Ilustrasi penyebab dan cara mengatasi lubang tindikan gatal dan bengkak (Unsplash/Kimia Zarifi)

Bagikan:

JAKARTA – Beberapa orang mengalami gatal dan ruam pada tindik telinga ketika memakai anting. Kemungkinan yang paling umum terjadi adalah disebabkan reaksi alergi terhadap bahan tertentu dari anting.

Alergi merupakan respons alami tubuh, seperti cara tubuh melawan bakteri atau virus. Ini adalah sistem kekebalan yang melindungi diri dari zat berbahaya. Gatal pada tindik, yang bisa dialami di telinga, pusar, bibir, hidung, dan lidah, disebabkan bahan nikel pada anting atau aksesoris lainnya seperti ritsleting, tali jam tangan, kait bra, koin, hingga bingkai kacamata. Secara ilmiah, tidak jelas mengapa tubuh orang tertentu bereaksi pada logam tertentu sedangkan yang lain tidak.

Reaksi alergi tersebut, bisa dikenali dengan sejumlah gejala antara lain ruam, terasa gatal yang hebat, perubahan warna kulit menjadi merah keunguan, bercak kulit kering menyerupai luka bakar, dan melepuh yang berisi cairan.

Dilansir Very Well Health, Rabu, 12 Januari, logam kerap menjadi pemicu dermatitis kontak, ada kemungkinan orang mengalami reaksi alergi ketika memasangkan perhiasan pada tindik di badan. Para ahli menyarankan, pada proses menindik pilih profesional yang menjaga kebersihan dan menjalankan praktik pengendalian infeksi. Nah, untuk menghindari potensi masalah dengan reaksi alergi, tanyakan juga jenis bahan apa yang mereka gunakan.

Saran lain, setelah tindikan Anda sembuh hindari memakai perhiasan pemicu alergi termasuk perhiasan berbahan baja anti karat yang masih mengandung sedikit nikel. Maka pilihlah perhiasan yang terbuat dari emas 14 atau 18 karat, titanium, atau niobium.

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa semakin seseorang banyak terpapar logam, potensi mengembangkan alergi bertambah tinggi. Oleh karena tiu, semakin banyak tindikan yang dimiliki reaksi alergi juga lebih besar. Jadi mulai identifikasi alergi dan pilih bahan aksesoris atau perhiasan yang tidak memicu reaksi tersebut.

Terdapat dua kemungkinan munculnya pembengkakan, kemerahan, panas, gatal, dan rasa terbakar pada tindikan. Selain reaksi alergi, dialami juga kondisi infeksi. Nah, cara membedakannya, reaksi alergi tidak akan membaik ketika diobati dengan salep topikal antibiotik. Ini jadi pentunjuk bahwa Anda mungkin mengalami alergi dan bukan infeksi.

Cara satu-satunya untuk menghindari reaksi alergi adalah menghindari mengenakan perhiasan pada tindikan telinga yang berbahan nikel.