3 Alasan Pasangan Menutup Mata saat Bercinta, Berikut Penjelasan Ahli
Ilustrasi bercinta dengan tertutup (Freepik/Yanalya)

Bagikan:

PALEMBANG- Agar aktivitas di ranjang semakin intim, pasangan perlu melakukan kontak mata. Namun, ketika momen berdua dalam aktivitas bercinta , banyak perempuan menutup matanya. Apa ini? Ahli memberikan tiga penjelasan mengenai pengalaman tersebut.

Menurut studi yang dilakukan Meylin Bolmot dan rekan pada tahun 2014 foto unik dalam jurnal Psychological Science, wajah berperan dalam menyampaikan informasi untuk interaksi dan menarik perhatian dengan cara. Berdasarkan studi tersebut, saling memandang dalam waktu merupakan indikasi ketertarikan ketertarikan romantis.

Penelitian tersebut juga membedakan antara nafsu dan cinta dengan pandangan serta arah pandang. Kapan durasi berpandangan lebih lama dan arah pandang ke wajah bisa jadi itu cinta. Namun, kontak mata dalam interaksi romantis mungkin juga akan berbeda ketika berhubungan dengan seks.

Aaron Ben-Zeév, Ph.D., dilansir Psychology Today, Jumat, 24 Desember, mengutip jawaban beberapa perempuan di Reddit AskWomen dari pertanyaan 'apakah Anda menutup mata saat berhubungan seks?', jawabannya juga beragam. Beberapa alasan, seperti untuk lebih merasakan sensasi, lebih bisa fokus, tidak mau terganggu hal lain, ketika bercinta menutup mata.

Profesor Ben-Zeév, penulis  The Arc of Love: Bagaimana Kehidupan Romantis Kita Berubah Seiring Waktu , menjelaskan ada 3 alasan mengapa lebih mudah 'merasakan' kehadiran pasangan ketika bercinta dengan menutup mata.

  1. Berkaitan dengan imajinasi dan fantasi seksual

Dalam cinta, kutipan buku Ben-Zeév, imajinasi sering kali mencakup ilusi positif, sedangkan dalam seks, fantasi lebih sentral. Perbedaan antara ilusi dan fantasi adalah mengenali kepalsuan. Dalam ilusi tak ada kepalsuan konten, sedangkan dalam fantasi seseorang bisa tahu.

Dalam hasrat seksual, fantasi penting karena menawarkan cara efektif untuk mengatasi keterbatasan pribadi, batas normatif, dan kendala eksternal. Fantasi seksual bekerja untuk menghindari informasi negatif dan menambahkan data positif.

Agar fantasi tetap hidup dan dapat diandalkan, informasi sementara akan diabaikan. Karena itu, dengan mata terpejam perempuan bisa menajamkan fantasi seksualnya sehingga mencapai orgasme.

2. Merasa tidak nyaman

Dalam studi oleh Koukouna tahun 2016  Terapi cahaya sebagai pengobatan disfungsi seksual: fokus pada kadar testosteron  dan diterbitkan di European Neuropsychopharmacology, menemukan bahwa bercinta dengan lampu menyala bisa membantu meningkatkan kadar testosteron pria dan meningkatkan kepuasan seksual.

Namun dalam sebuah survei, orang yang sudah menikah dan mengikuti survei tersebut sebanyak 43 persen menyukai lampu menyala dan 57 persen padam. Perbedaan tersebut dapat dinikmati oleh perasaan tak nyaman denganitasnya, seperti malu sehingga memilih bercinta dengan lampu redup atau memejamkan mata.

3. Menajamkan sensasi

Bercinta dengan menutup mata menggunakan kain atau dikenal dengan  blindfolded sex , adalah cara lain untuk menutup mata. Dengan menyerakan kendali kepada pasangan, permainan seks dengan mata tertutup bisa disepakati pasangan untuk meningkatkan dan sensasi kegembiraan.

Berdasarkan sebuah artikel di Glamour tahun 2017, ada sejumlah alasan pasangan melakukan hal ini. Seperi untuk bumbu agar lebih terasa baru, mengurangi hambatan, mematikan satu indera untuk mengintensifkan yang lain, meningkatkan kepercayaan di antara pasangan, dan menambahkan kejutan.

Pada umumnya, menutup mata umum dilakukan ketika menuju klimaks. Tetapi manutup atau buka mata bahkan bercinta dengan lampu redup atau terangkan sebagai preferensi dari setiap pasangan. Paling penting untuk didiskusikan adalah tentang  persetujuan , posisi, kebaruan, serta kenyamanan masing-masing orang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .

Terkait