5 Jenis Pohon Cemara yang Kerap Dipilih Menjadi Ornamen saat Perayaan Natal
Ilustrasi Pohon Natal (Eberhard Grossgastaiger/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Sebentar lagi umat kritiani di seluruh dunia akan merayakan Hari Natal. Di masa-masa natal biasanya akan disibukan berburu pohon cemara untuk dijadikan ornamen. Namun, di Indonesia kebanyakan orang lebih cenderung memilih menggunakan pohon cemara palsu yang terbuat dari plastik untuk dijadikan pohon natal. Ekonomis jadi alasan utama karena pohon cemara artifisial dapat digunakan dalam jangka waktu lama. 

Pohon cemara di Indonesia lebih sering ditanam untuk menghadirkan kesejukan. Selain di puncak dan di pesisir pantai, Anda juga bisa menghadirkan tanaman ini di halaman hunian Anda.

Tapi sebelum itu, Anda harus kenal lebih dahulu jenis-jenis pohon cemara agar bisa menentukan jenis mana yang cocok untuk ditanam di lingkungan rumah.

Pohon cemara blue sinensis

Cemara blue sinensis kerap dikenal dengan nama cemara perak biru sebab daunnya berwarna perak kilat. Jenis pohon cemara bisa Anda temukan dalam bentuk kerdil atau bonsai. Bibit pertama pohon cemara blue sinensis berasal dari Himalaya dan pegunungan Asia Tengah. Karena memiliki daun yang unik, tidak heran jika cemara blue sinensis digandrungi banyak orang.

Pohon cemara kinoki

Pohon cemara kinoki punya bentuk daun yang lebih kecil. Saking kecilnya, pohon ini kerap dijuluki pohon cemara bonsai. Cemara kinoki tidak tumbuh menjulang tinggi ke atas layaknya jenis cemara yang lain, melainkan ia tumbuh menyamping. Jika Anda memiliki taman berukuran mini, pohon cemara kinoki sangat cocok buat Anda. 

Pohon cemara udang

Pohon cemara udang adalah salah satu jenis cemara asli dari bibitan lokal. Ciri khas pohon cemara ini memiliki daun yang lancip seperti jarum, berbatang besar, dan kulit pohonnya kasar berwarna hitam. Nah, karena bentuk pohon cemara ini membengkok atau bungkuk, maka disebut sebagai pohon cemara udang yang sering ditemukan di pesisir pantai.

Pohon cemara wangi 

Rentes atau pohon cemara wangi memiliki aroma khas segar saat tertiup angin semilir yang disukai oleh orang yang hobi menghias rumah dengan tanaman. Jenis cemara ini yang paling sering dijadikan pohon natal karena bentuknya meruncing ke atas. Tumbuh subur di daerah dataran tinggi maupun rendah, pohon cemara ini bisa Anda mulai kembangbiakkan dari bibit yang ditanam di dalam pot. Tinggi pohon cemara ini bisa mencapai 10 meter maksimal.

Pohon cemara angin

Berdaun tipis dan lembut, tidak heran kalau pohon cemara ini bernama Angin. Jenis pohon cemara ini punya daya adaptasi tinggi dan bisa hidup di berbagai jenis dataran, termasuk di daerah tropis seperti Indonesia. Sadar ataupun tidak, kamu pasti sering melihat jenis pohon cemara angin di ruang publik sebagai penghias.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.