Meski Klise, 9 Aspek Ini Bermanfaat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga
Ilustrasi cara menjaga pernikahan agar harmonis (Unsplash/Tyler Farmer)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam kehidupan rumah tangga, membutuhkan aspek-aspek yang mendukung keharmonisan. Beberapa pasangan merasa khawatir bahwa keharmonisan akan berkurang seiring waktu. Namun, semuanya tergantung pada apakah mereka ingin menikmati pernikahan sejak awal atau tidak.

Selain aspek-aspek di bawah ini, komitmen dan prioritas perlu dimiliki setiap pasangan. Untuk membantu menjaga keharmonisan, lakukan aspek di bawah ini meskipun klise.

1. Memberikan pujian

Jangan malu atau pilih-pilih dalam memberi pujian pada pasangan Anda. Puji seberapa hebatnya pasangan dan jadilah penggemar nomor satu pasangan Anda.

2. Ucapkan terima kasih

Selain saling memberi pujian, menunjukkan penghargaan kepada pasangan untuk hal-hal kecil yang ia lakukan juga perlu. Sesekali, pergi berdua dan saling memberi sentuhan supaya satu sama lain saling menghargai.

3. Menjaga diri

Tidak hanya berpakaian yang nyaman, tetapi berpakaian yang menarik juga penting. Selain itu, jaga kesehatan supaya tetap bisa menikmati kebersamaan. Bahkan menjaga penampilan dan kebugaran bisa membantu memercikkan api keintiman tetap menyala.

4. Jaga setiap ucapan

Mengucapkan kalimat yang tidak tepat bisa membuat hubungan tidak lagi nyaman. Hanya karena Anda dan pasangan telah lama menikah bukan berarti kesantunan kata bisa menurun. Artinya perhatikan apa yang Anda katakan agar tidak berubah menjadi belati tajam yang melukai perasaan pasangan.

5. Beri kejutan

Pada momen penting, seperti peringatan pernikahan, ulang tahun, berikan kejutan. Bahkan Anda bisa mengambil inisiatif memberi kejutan kencan malam.

6. Lakukan sesuatu bersama-sama

Melakukan aktivitas bersama dan menikmati aktivitas tersebut, seperti olahraga, memasak, atau menjalankan hobi bisa menghangatkkan ikatan rumah tangga.  

7. Tunjukkan kasih sayang

Menunjukkan kasih sayang pada pasangan tidak hanya di kamar tidur. Tetapi jadikan prioritas menggandeng tangan pasangan di depan umum, memberi pelukan, dan ciuman untuk menunjukkan kasih sayang pada pasangan.

Apakah aspek-aspek klise di atas Anda miliki bersama pasangan?