171 Calon Kades di OKU Jalani Tes Urine Narkoba
Tes urine calon Kepala Desa oKU (Foto dari Antara)

シェア:

PALEMBANG - Tes urine dijalani oleh calon Kepala Desa menjelang tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Dari hasil tes pihak kepolisian, sebanyak 171 orang calon Kades yang negaitf narkoba.

AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kasat Narkoba AKP Ujang Abdul Azis menjelaskan menjelaskan ratusan calon kepala desa ini merupakan salah satu tahapan Pilkades serentak yang akan digelar pada Oktober 2022.

"Dari hasil tes urine yang dilakukan tim dokter kesehatan (Dokkes) Poliklinik Polres OKU terhadap 171 calon kades beberapa waktu lalu, semuanya negatif narkoba," kata Kapolres OKU di Baturaja, Senin.

Tes urin sejalan dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 tahun 2021 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2015 tentang Pemilihan Kades yang mewajibkan seluruh calon bebas narkoba.

Tes Urin bagi Calon Kepala Desa Menjelang Pilkades Serentak OKU

Dalam pelaksanaannya, kata dia, sebanyak 171 calon kades dari 57 desa di OKU yang akan melaksanakan Pilkades secara bersamaan di tes urine memastikan tidak mengkonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.

"Alhamdulillah hasilnya tidak ada yang positif sebagai pengguna narkoba," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU Ahmad Firdaus secara terpisah menjelaskan tes urine bagi calon kepala desa merupakan salah satu tahapan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada awal Oktober 2022.

"Setelah menjalani tes urine masih ada tahapan selanjutnya dari Pilkades mendatang," kata dia.\

Anggaran Dana Pilkades Serentak OKU

Firdaus menambahkan dalam Pilkades serentak tahun 2022 di wilayah itu, pemerintah daerah menganggarkan dana senilai Rp3 miliar yang peruntukannya seperti untuk  membayar honor petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa, pengamanan TPS, pembuatan bilik suara, kotak suara dan surat suara serta kebutuhan lainnya .

"Dalam Pilkades nanti tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.