Pemkot Palembang Membentuk KTNM Sebagai Kawasan Percontohan Kebersihan Sungai, Berikut Daftar Lokasinya
Wali Kota Palembang (Foto dari Antara)

シェア:

PALEMBANG - Kampung Tangguh Nusantara Musi (KTNM) dibentuk oleh Pemkot Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, untuk dijadikan sebagai kawasan percontohan dalam hal menjaga kebersihan aliran sungai.

Lokasi KTNM berada di kawasan Sungai Karangkuang Jalan Mayor Rasyad Nawawi Lorong Kebangkan II, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III, Palembang.

Menjaga Kebersihan Aliran Sungai di Palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa mengatakan, KTNM tersebut merupakan buah gagasan dari pemerintah bersama dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan dan Polrestabes Palembang untuk menciptakan masyarakat yang mempunyai kesadaran menjaga kebersihan aliran sungai dan lingkungan sekitarnya.

"Masyarakat di kampung tanguh dilarang keras membuang sampah kedalam aliran sungai sehingga kebersihan sungai itu terjaga," kata Harnojoyo dalam rilis.

Menurut dia, sebagai kawasan percontohan kebersihan sungai KTNM bakal mendapatkan sarana dan prasarana kebersihan yang memadai dan masyarakat yang berada di sana mendapatkan pembinaan secara khusus dari pemerintah dan aparat kepolisian.

Cara Menghentikan Kebiasaan Membuang Sampah ke Sungai

Adapun pembinaan tersebut meliputi pengajaran terkait bagaimana cara-cara penataan aliran sungai dan menciptakan gerakan pola hidup sehat di sana.

Sehingga dengan begitu, lanjut nya, diharapkan masyarakat bisa menghentikan kebiasaan minor mereka buang sampah ke sungai.

“Kami jadikan KTNM ini bersih dari sampah. Ketika sungai sudah bersih dan rapi maka kesehatan masyarakat disekitarnya bisa lebih terjamin," kata dia.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.