6 Makanan yang Bermanfaat Mengatasi Depresi, Konsumsi untuk Jaga Kesehatan Mental dan Pikiran!
Ilustrasi makanan sehat (Anna Pelzer/Unsplash)

シェア:

PALEMBANG- Kondisi mental dan pikiran sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Tak hanya melakukan konseling, pola hidup sehat bisa jadi salah satu cara yang kerap dilakukan untuk meminimalisir gejalanya timbul dan menyerang tubuh. 

Dengan memperkaya asupan gizi melalui kandungan vitamin seperti buah, sayur dan kacang-kacangan bisa meningkatkan fungsi otak dan bekerja menstabilkan suasana hati yang kerap kali berubah karena depresi. Bahkan beberapa penelitian pun telah menyarankan untuk mengonsumsinya untuk mencegah perubahan mood menjadi tidak bahagia. Lalu apa saja makanan yang bisa mengatasi depresi? Melansir HerWorld, berikut enam daftar makanannya.

Kacang kenari

Kandungan asam lemak omega 3 di dalam kacang kenari bisa meminimalisir gejala depresi dengan meningkatkan fungsi otak. Salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Integrative Medicine Research pada 2015 membuktikan bahwa kandungan omega 3 bisa mengurangi risiko gangguan mood dan menguatkan sel otak. Selain kacang kenari, makanan lain yang tinggi akan omega 3 adalah ikan salmon dan tuna.

Alpukat

Lemak baik yang berada di dalam buah alpukat tak hanya menyehatkan, tapi juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mental. Omega 9 dan oleic acid yang dikandungnya berfungsi untuk menjaga homocysteine berlebih yang bisa menghambat penerimaan nutrisi ke otak sekaligus mempengaruhi suasana hati. Manfaat lain dari buah ini adalah jumlah protein yang lebih tinggi dari buah lainnya.

Daging

Daging sapi dan ayam mengandung mineral yang mampu mengoptimalkan kebutuhan di dalam tubuh dan juga menjauhkan diri dari depresi. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kadar mineral pada seseorang yang mengalami depresi lebih rendah dari orang yang tidak. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi sesuai kadarnya bisa menstabilkan dan menjaga tubuh bahkan kesehatan mental.

Dark cokelat

Perubahan suasana hati yang diakibatkan oleh depresi bisa diminimalisir dengan cokelat hitam yang digemari oleh sebagian orang. Dark chocolate salah satu makanan yang mengandung flavonol dan polifenol yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga diri jauh lebih tenang.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, kacang-kacangan seperti kedelai, almond, dan lainnya memiliki vitamin B12 dan B9 yang bisa membantu menstabilkan kadar gula darah dan menghindari perubahan suasana hati.  

Chia seeds

Chia seeds dipercaya jadi salah satu asupan yang bisa mengatasi dari depresi. Kandungan omega 3 yang dimilikinya bisa membantu menjaga suasana hati dan meningkatkan fungsi otak serta menjaga selnya dari gejala penyakit lainnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.