5 Jenis Alat yang Wajib Ada di Rumah untuk Membantu Kegiatan Berkebun
Ilustrasi alat perkebunan (Gary Barnes/Pexels)

シェア:

PALEMBANG - Kegiatan yang perlu rutin dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan adalah membersihkan rumah. Lebih baik lagi ketika bersih-bersih rumah dijadikan sebagai hobi.

Ada berbagai macam alat berkebun sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seseorang. Di antaranya adalah berkurangnya risiko penyakit jantung, meningkatnya daya tahan tubuh, menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan koordinasi dan kekuatan tangan.

Untuk menunjang kegiatan berkebun, Anda memerlukan sejumlah alat berkebun yang wajib dimiliki. Tak hanya agar sesi berkebun menjadi lebih nyaman, berbagai alat berkebun berikut akan membantu Anda merawat dan menjaga kebun dengan lebih efektif.

Sekop

Saat membawa pulang tanaman baru, Anda perlu memindahkannya ke pot atau langsung di tanah. Untuk mempermudah prosesnya, Anda wajib memiliki alat berkebun bernama sekop. Alat berkebun ini berguna untuk menggali tanah atau media tanam lain di wadah baru dan menutupnya kembali setelah tanaman berhasil dipindahkan.

Sekop yang baik memiliki bagian tajam pada ujungnya untuk memudahkan Anda saat memotong akar tanaman dan mencongkel tanah padat. Alat berkebun ini sebaiknya terbuat dari besi atau stainless steel supaya tidak mudah patah saat digunakan.

Garpu taman

Garpu taman diberi nama demikian karena bentuk dari alat berkebun mirip seperti garpu makan. Fungsi utamanya adalah mengumpulkan daun-daun kering dan aneka sampah lain yang ada di sekitar tanaman.

Alat berkebun ini juga bisa digunakan untuk menggali pot dalam ukuran kecil dan meratakan tanah. Ukuran garpu taman yang besar cocok untuk Anda yang memiliki banyak tanaman hias besar supaya lebih hemat tenaga dan waktu. Begitu pula sebaliknya untuk tanaman berukuran kecil.

Cangkul

Cangkul sering ditemukan sebagai perkakas bangunan, tepatnya untuk mengaduk semen dan pasir. Padahal, alat berkebun ini pada dasarnya berfungsi untuk menggali tanah dalam jumlah banyak.

Ketika ingin menyingkirkan rumput liar di tanah kosong, Anda bisa menggali dengan cangkul sekaligus mencabik akarnya supaya tidak mudah tumbuh lagi. Alat berkebun ini juga dibutuhkan saat Anda ingin menanam pohon. Hati-hati saat mengayunkannya karena alat berkebun ini cukup berat dan bagian tepinya tajam.

Gunting tanaman

Dalam siklus hidup tanaman, ada saatnya mereka tumbuh dan juga membusuk. Untuk dua urusan ini, Anda wajib memiliki alat berkebun berupa gunting ranting yang bentuknya melengkung.

Ranting-ranting tanaman yang berantakan akan lebih mudah digunting menggunakan gunting ranting daripada gunting biasa. Bagian tanaman yang sakit atau membusuk juga perlu digunting supaya tidak merambat ke bagian tanaman lainnya. Alat berkebun ini juga bisa digunakan untuk merapikan bagian akar yang tumbuh berlebihan.

Apabila Anda mau merapikan semak semak dan rumput, pilihlah gunting khusus dengan bentuk lurus dan panjang. Berbeda dengan gunting ranting, alat berkebun ini dapat memotong lebih cepat dan lebih banyak sehingga kebun terlihat rapi.

Penyiram tanaman

Semua tanaman membutuhkan air untuk bertahan hidup. Sebagai pemilik kebun, Anda wajib menyiramnya dengan air. Supaya lebih mudah, alat berkebun berupa penyiram tanaman ini wajib ada.  Bentuknya menyerupai cerek air dalam berbagai kapasitas. Sesuaikan ukuran penyiram tanaman dengan banyaknya tanaman yang Anda miliki.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.