BNI Berikan Fasilitas Pembiayaan Kepada UMKM GP Ansor untuk Buka Bisnis Pertashop
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memberikan fasilitas pembiayaan bagi UMKM GP Ansor untuk membuka bisnis Pertashop, yakni menjadi agen penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan strategi ini diharapkan bisa memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga mampu mengakselerasi perekonomian Indonesia di masa pemulihan.

“Di sini BNI berperan sebagai lembaga penyaluran pembiayaan dan transaksi keuangan. Melalui akuisisi outlet Pertashop oleh UMKM GP Ansor, maka otomatis mereka akan bisa menjadi agen perbankan kami di daerah dan memiliki akses perbankan untuk membantu masyarakat,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi pada Kamis, 12 Agustus.

Menurut Royke, program Pertashop dinilai mampu mengangkat perekonomian masyarakat terutama bantuan permodalan BNI untuk UMKM binaan Anshor.

“UMKM merupakan segmen usaha terdepan dalam penciptaan lapangan kerja bagi Indonesia. Untuk itu kami siap untuk mendukung berbagai usaha produktif lainnya,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyebut jika baru sekitar 43 persen kecamatan di seluruh Indonesia yang memiliki lembaga penyalur BBM, sehingga masih ada sekitar 57 persen yang belum memiliki lembaga penyalur resmi.

“Pertamina sebagai BUMN memiliki tanggung jawab menyediakan energi di seluruh Tanah Air. Bukan hanya ketersediaan namun juga aksesibilitas sehingga masyarakat Indonesia dengan mudah dan terjangkau memperoleh BBM, LPG dan gas dengan harga yang sama di penjuru tanah air,” tuturnya.

Semantara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan program Pertashop akan menghadirkan energi besar terutama dalam mendukung program-program pemerintah dan untuk skala lebih luas.

“Semoga seluruh kader GP Ansor menjadi bagian dari keadilan dan kemakmuran tersebut dan harus memaksimalkan program Pertashop yang telah diberikan melalui arahan Pertamina dan BNI,” sebut dia.

Terakhir, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku senang dengan kolaborasi perusahaan negara yang bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas.

“Lewat Pertashop, BNI dengan Pertamina senantiasa mendorong pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa, khususnya bagi pelaku UMKM. Insya Allah, melalui sumber pembiayaan dan training-training terus diupayakan agar kawan-kawan UMKM bisa naik kelas. Saya mendukung penuh kolaborasi ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, program pembiayaan Pertashop menargetkan sebaran di 83.000 outlet di desa seluruh Indonesia. Adapun, GP Ansor memiliki 7 juta kader dengan mayoritas yang masih berada di level ekonomi menengah ke bawah dan masih sedikit yang berjiwa kewirausahaan.