Ini Cara Daftar Vaksinasi COVID-19 Berbayar Individu di Kimia Farma
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kimia Farma membuka layanan vaksinasi COVID-19 berbayar untuk individu. Plt, Direktur Utama Kimia Farma Diagnostika (KFD) Agus Chandra menyebut ada tiga cara pendaftaran vaksinasi berbayar ini.

"Cara pertama melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255. Cara kedua melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi nomor Whatsapp," kata Agus dalam keterangannya, Minggu, 11 Juli. 

Cara ketiga, pendaftar vaksin berbayar dapat melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.  

"Namun, Kimia Farma Mobile baru digunakan mulai Kamis, 15 Juli, karena masih dalam proses penyempurnaan," ucap dia. 

Setelah mendaftar, masyarakat akan mendapat jadwal dan lokasi vaksinasi. Dengan demikian, calon peserta vaksin Gotong Royong ini dapat menentukan waktu dan tempat yang sesuai dengan kebutuhannya.

"Paling ideal, calon peserta mendaftar melalui KF Mobile untuk menghindari antrean panjang. Dengan hanya satu jari, beberapa langkah pendaftaran dapat dilewati," ungkapnya.

Kimia Fatma menyiapkan 8 klinik di 6 kota untuk layanan vaksinasi mandiri ini. Total kapasitas VGR individu dari 8 klinik ini sebanyak 1.700 peserta per hari. Lalu, secara perlahan, Kimia Farma akan memperluas jangkauan itu, termasuk ke pusat-pusat perbelanjaan di kota-kota besar. 

Harga pembelian vaksin ditetapkan sebesar Rp321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp117.910 per dosis. Vaksin yang digunakan dalam program ini adalah vaksin Sinopharm dan Cansino. 

Adapun 8 klinik VGR Individu tahap perdana yang akan memberi pelayanan adalah sebagai berikut:

1. Kimia Farma Senen, Jakarta, kapasitas 200 orang per hari

2. Kimia Farma Pulogadung, Jakarta, kapasitas 200 orang per hari 

3. Kimia Farma Blok M, Jakarta, kapasitas 100-200 orang per hari

4. Kimia Farma Supratman (drive thru), Bandung, kapasitas 200 orang per hari

5. Kimia Farma Citarum, Bandung, kapasitas 100 orang per hari

6. Kimia Farma Sukoharjo, Solo, kapasitas 500 orang per hari

7. Kimia Farma Sedati, Surabaya, kapasitas 200 orang per hari

8. Kimia Farma Batubulan, Bali, kapasitas 100 orang per hari