Kinerja Sandiaga Uno Setelah Jadi Menteri: Sebuah Gebrakan Baru di Dunia Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno (Sumber: Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak yang menanyakan soal Kinerja Sandiaga Uno Setelah Jadi Menteri. Dan terbukti gebrakannya jadi juru selamat untuk Pariwisata Indonesia.

Pengusaha dan politisi Gerindra Sandiaga Uno mengaku baru saja pulih dari COVID-19 sampai kemudian ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo untuk mengemban amanah sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

“Saya baru saja selesai dari pemulihan penyakit COVID-19 yang saya rasakan sendiri selama dua minggu terakhir,” kata Sandiaga Uno di Veranda Istana Merdeka Jakarta, Selasa, setelah pengumuman dan pengenalan calon menteri baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) seperti yang dikutip VOI dari Antara.

Kinerja Sandiaga Uno setelah jadi Menteri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan akan menjalankan tiga gagasan utama untuk pariwisata Indonesia.

"Tiga gagasan utama kita adalah inovasi, karena kita harus bergerak secara cepat bawah presiden arahannya dan bapak wapres dalam satu tahun ini harus ada 'quick win'," kata Sandiaga di Istana Negara Jakarta, kala itu.

Inovasi tersebut dilakukan dari segi infrastruktur dan segala yang berkaitan dari pariwisata dan ekonomi kreatif, kuliner, 'fashion' (fesyen), dan lainnya.

"Kedua, adaptasi. Kita harus beradaptasi dengan keadaan terkini yaitu COVID-19. 'CHSE' salah satunya harus kita pastikan sebagai prasyarat untuk kebangkitan sektor ini," ungkap Sandiaga.

"CHSE" adalah Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) yang sebelumnya juga sudah diungkapkan Wishnutama.

"Terakhir, kolaborasi. Kita harus menggandeng semua pihak karena ini tugas berat, kita harus prihatin jutaan lapangan pekerjaan yang terdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tutur Sandiaga.

Sandiaga mengaku akan berjuang untuk mempertahankan dan mengembangkan pemberdayaan.

"Agar kita bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan mempertahankan tingkat pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Antara)

Sandiaga Usung Konsep Pariwisata Berbasis Budaya

Salah satu Kinerja Sandiaga Uno setelah jadi Menteri Menparekraf, ia memiliki konsep dalam menjalankan dan mengembangkan pariwisata di Tanah Air. Dia berpandangan, pariwisata berbasis budaya akan berkembang secara masif di dalam negeri.

"Saya baru saja berdiskusi dengan para antropolog. Di Indonesia masih banyak spot-spot wisata yang belum terkelola dan belum dimanfaatkan potensinya untuk membuka lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan masyarakat sekitarnya," katanya, dikutip dari laman media sosial Instagram miliknya, yang diunggah 11 Desember.

Sandiaga berujar bahwa apa yang dilakukan pemerintah dengan mendorong 10 destinasi 'Bali Baru' itu sangat baik. Tapi menurut dia, pascaCOVID-19, tidak lagi bisa mengandalkan hanya pada 10 Bali Baru saja, melainkan destinasi lainnya yang berbasis kebudayaan juga harus didorong.

"Tidak lagi bisa mengandalkan hanya pada 10 Bali Baru ini saja, tetapi harus 100 destinasi dengan basis kebudayaan," ucapnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berujar pariwisata berbasis kebudayaan harus terbangun menjadi sebuah industri. Namun, bukan industri yang konotasinya manufaktur. Tapi industri yang bisa membuka lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi.

"Karena di sini di sisi budaya, di sisi seni. Tidak ada robotics. Tidak ada artificial intelligence atau machine learning yang dapat bersaing dengan kekuatan kita dalam ekonomi berbasis budaya ini," tuturnya.

"Jadi saya sangat optimis dan saya pikir kita bisa memiliki masa depan yang sangat seru di industri pariwisata jika kita fokus pada jenis pariwisata berbasis budaya ini," katanya.