Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Ditargetkan Rampung Akhir 2024
Ilustrasi jalan (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya mendorong penyelesaian ruas-ruas jalan tol baru. Salah satunya Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Waskita Sriwijaya Toll Road.

Adapun Jalan Tol Kapalbetung tersebut berada di Provinsi Sumatera Selatan dan saat ini yang sudah beroperasi ialah Seksi 1 dan 2A dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang 42,5 kilometer (km).

Kemudian, untuk tahap II terbagi menjadi Seksi 2 Kramasan-Muslilindas sepanjang 24,90 km. Adapun progres konstruksi dari ruas tersebut sudah mencapai 77,91 persen.

"Selanjutnya, untuk Seksi 3 Ruas Musilindas-Betung sepanjang 44,29 km saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 53,80 persen yang ditargetkan keseluruhannya selesai konstruksi pada akhir 2024," demikian bunyi keterangan yang dikutip dari laman resmi BPJT, Jumat, 8 Maret.

Keberadaan Jalan Tol Kapalbetung selain menghemat waktu perjalanan pengguna jalan tol juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi wilayah.

Hal ini tidak hanya untuk pengguna jalan saja, tetapi untuk masyarakat sekitar wilayah daerah yang diharapkan dapat merasakan peningkatan ekonomi wilayah dengan kehadiran jalan tol ini.

Sekadar informasi, jalan tol ini juga melintasi tiga kabupaten, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Banyuasin serta melintasi Kota Palembang.