Telkom Bakal Luncurkan Satelit Merah Putih 2, Erick Thohir: Percepat Pemerataan Konektivitas di Indonesia
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Telkomsat akan meluncurkan Satelit Merah Putih 2 di Florida, Amerika Serikat. Peluncuran satelit ini untuk mempercepat pemerataan konektivitas internet di Tahan Air.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, peluncuran Satelit Merah Putih 2 ini diharapkan seluruh masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaat internet.

“Satelit ini komitemen BUMN melalu PT Telkom Indonesia untuk melakukan pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia. Pemerataan ini diharapkan bisa mengakselerasi digitalisasi,” katanya dikutip dari Instagram @erick.thohir, Minggu, 18 Februari.

“Ini usaha kami agar masyarakat bisa belajar dan juga meningkat kemampuan dengan internet, untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Bangga!,” tulis Erick.

Erick menjelaskan, satelit berkapasitas raksasa milik PT Telkom Indonesia, Satelit Merah Putih 2 siap diluncurkan Rabu, 20 Februari waktu Florida atau Kamis, 21 Februari waktu Indonesia.

“Satelit ini memiliki kapasitas hingga 32Gbps dan membawa transporder aktif terdiri dari frekuensi C-band, dan Ku-band yang akan menjangkau seluruh area Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Erick mengatakan, peluncuran Satelit Merah Putih 2 milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ini akan melibatkan perusahaan milik Elon Musk.

“Pembangunan satelit ini melibatkan Thales Alenia Space dan SpaceX milik Elon Musk untuk jaga peluncuran satelit,” katanya.