Ide Bisnis Musiman yang Mendatangkan Banyak Cuan
Ide Bisnis Musiman (Gambar Travis Essinger-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak metode buat menaikkan pendapatan, salah satunya dengan membuka bisnis. Tetapi, bisa jadi banyak orang berpikiran jika membuka bisnis itu perlu persiapan yang ekstra baik dari segi waktu, bahan baku, serta pula tenaga. Butuh ide bisnis musiman?

Tampaknya, membuka bisnis tidak selalu mesti diawali dari yang besar kok, terlebih lagi buat pemula. Cukup sesuaikan sama permintaan pasar supaya hasilnya maksimal. Nah, salah satu strateginya yakni membuka bisnis berdasarkan musim ataupun tren yang lagi berlangsung-atau dapat diucap selaku bisnis musiman.

Ingat pada saat es boba, es kepal Milo, croffle, serta masakan viral yang lain jadi tren serta membawa keuntungan yang lumayan besar untuk pelakon usaha? Ya! Itu juga sejenis bisnis musiman.

Sebab terdapatnya permintaan yang besar dalam satu waktu, hingga bisnis musiman ini dapat jadi kesempatan untuk kelancaran bisnismu ke depannya.

Supaya makin jelas ingin coba bisnis apa, ayo intip di mari inspirasi bisnis musiman yang dapat kalian contek buat menambahkan penghasilan!

Ide Bisnis Musiman

Bisnis Saat Natal

1. Vendor “Secret Santa”

Kegiatan secret santa ataupun tradisi tukar kado anonim merupakan kegiatan yang umum dilakukan saat Hari Natal. Jika kalian tertarik, bisa lho membuka jasa vendor secret Santa yang mana kalian bakal mempersiapkan segala keperluan, mulai dari list peserta secret Santa, pembelian kado, sampai event organizer saat hari penukaran kado.

Kalian dapat menargetkan jasa buat ditawarkan ke perusahaan, organisasi, ataupun tim yang memiliki jumlah orang yang banyak. Tertarik?

2. Bisnis Katering

Hari Natal merupakan saat berkumpul serta makan- makan bersama keluarga. Tetapi, banyak yang tidak memiliki waktu luang buat memasak hidangan Natal. Ini jadi salah satu kesempatan bisnis musiman yang dapat kalian jalani!

Kalian dapat sediakan paket katering hidangan khas natal yang dapat dikirim ke rumah konsumen pada malam Natal. Dengan begitu, konsumen dapat memperingati Hari Natal dengan tenang tanpa pusing memikirkan hidangan.

3. Bisnis Hampers Musiman

Hampers ataupun parsel memanglah tidak bakal lekang oleh waktu. Tentu banyak orang yang mau membagikan hadiah orang terdekat pada momen- momen tertentu, tetapi tidak memiliki waktu yang cukup buat mempersiapkan hadiahnya.

Nah, kalian dapat membuka bisnis hampers serta menyesuaikannya dengan momen yang lagi berlangsung saat itu, misalnya hampers Lebaran, Natal, hari Valentine, Hari Ibu, serta yang lain.

Bisnis hampers ini dapat jadi kesempatan usaha yang beragam serta dapat kalian sesuaikan dengan sasaran pasar sesuai musim. Jadi, kesempatan buat menjaring konsumen yang berbeda juga semakin luas!

Bisnis saat Lebaran

4. Bisnis Kue Kering

Lebaran senantiasa identik dengan kue kering; baik itu nastar, kastengels, putri salju, serta yang lain. Makanya, tidak heran jika demand akan kue kering setiap Lebaran tentu melonjak pesat.

Ini dapat jadi kesempatan bisnis buat kalian yang hobi masak ataupun baking! Hitung- hitung, dapat menyalurkan hobi sembari dapat pendapatan tambahan. Supaya lebih komplet, kalian pula dapat sediakan paket bundling kue kering selaku hampers yang dilengkapi kartu ucapan serta packaging yang menarik.

5. Penitipan Hewan saat Lebaran

Inspirasi bisnis yang satu ini dapat dicoba jika kalian tidak bakal ke mana-mana saat Lebaran. Sebab banyak dari owner hewan yang bakal meninggalkan peliharaannya saat mudik, jadi jasa penitipan hewan ini cenderung dicari.

Akan tetapi, untuk buka bisnis ini pastikan kalian telah tau cara menjaga hewan peliharaan yang baik, ya!

6. Bisnis Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru samadengan perlengkapan sekolah baru! Buat teman kalian yang punya anak ataupun keponakan yang masih sekolah, tentu wajib hukumnya buat beli peralatan sekolah yang baru; mulai dari tas sekolah, buku tulis, sampai perlengkapan tulis baru.

Nah, kalian dapat menggunakan peluang ini buat jadi reseller peralatan sekolah. Terlebih terdapat 2 kali tahun ajaran baru dalam setahun, yang artinya kesempatan bisnis pula kian besar serta demand stabil.

Supaya lebih untung, kalian dapat menggunakan promo ataupun diskon yang biasa ada di expo/pameran. Umumnya penyedia peralatan sekolah menawarkan harga di bawah harga pasaran-misalnya di Pekan Raya Jakarta.

Bisnis saat Valentine

7. Buket Hadiah

Saat Hari Valentine, orang banyak membagikan buket/bunga ataupun snack sebagai hadiah buat orang terkasih. Selaku salah satu kesempatan bisnis musiman, usaha buket dapat jadi bisnis yang menjanjikan. Terlebih jika kalian dapat menyusun snack tersebut jadi rangkaian buket yang unik. Nyatanya bakal dicari banget setiap Hari Valentine!

8. Jasa kirim hadiah

Banyak orang yang rela mengeluarkan budget buat membeli hadiah saat Hari Valentine. Tetapi, tentu banyak pula yang tidak memiliki cukup waktu buat semata- mata beli hadiah serta mengirimkannya buat yang terkasih.

Nah, kalian dapat membuka bisnis selaku vendor hadiah Hari Valentine yang dilengkapi oleh jasa kirim langsung buat sang penerima. Kalian dapat sediakan beberapa opsi hadiah; misalnya buket, boneka, cokelat, ataupun barang couple lainnya. Kemudian, kalian bakal membungkusnya serta memberikan kartu ucapan sesuai permintaan pengirim, serta hadiah tersebut bakal kalian kirim buat si penerima.

Ide bisnis ini dapat kalian jalani di sekitar kota terlebih dahulu, jadi cakupan zona buat pengiriman hadiah tidak begitu besar. Ingin mencoba?

Selain itu kami juga menyediaka artikel “Kue Kering, Bisnis Musiman yang Jadi Andalan Pelaku UMKM“ untuk menambah inspirasi kalian dalam berbisnis.

Jadi setelah mengetahui ide bisnis musiman, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!