Konsisten Terapkan GCG Berkelanjutan, Jasa Marga Raih Dua Penghargaan Ini
Jasa Marga meraih penghargaan di ajang 3rd Indonesia TOP GCG Award 2023 dan 3rd Best Corporate Secretary Awards 2023. (Foto: Dok. Jasa Marga)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih penghargaan di ajang 3rd Indonesia TOP GCG Award 2023 dan 3rd Best Corporate Secretary Awards 2023.

Hal ini menjadi bukti konsistensi Jasa Marga dalam menerapkan Good Corporate Governance (GCG) berkelanjutan dalam setiap lini bisnis perusahaan.

Kategori penghargaan yang diraih Jasa Marga dalam dua ajang dimaksud, yakni Indonesia TOP GCG Award 2023 untuk Kategori Transportation Infrastructure dan Indonesia Best Corporate Secretary Awards 2023 untuk Kategori Transport Infrastructure Operator.

Penghargaan ini didasarkan atas penilaian implementasi prinsip-prinsip GCG yang efektif dan berkelanjutan pada Jasa Marga yang bertujuan untuk mengoptimalkan nilai dan meningkatkan daya saing perusahaan.

"Saya mewakili manajemen Jasa Marga mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Alhamdulillah, ini membuktikan dan juga mengingatkan kami bahwa seluruh upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga selama ini terkait dengan implementasi GCG on the track," kata Direktur Utama PT Marga Lingkar Jakarta Ari Wibowo dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin, 18 Desember.

Ari mengatakan, hal ini akan menjadi amanah untuk Jasa Marga ke depannya, sehingga tetap bisa meningkatkan GCG perusahaan yang berkelanjutan dalam mengembangkan bisnis serta meningkatkan pelayanan untuk masyarakat.

"Penghargaan ini juga turut menjadi stimulus untuk memajukan reputasi perusahaan, yang mana aspek GCG tidak dapat dipisahkan dari pelayanan yang diberikan sehingga menjadi tolak ukur untuk para investor, stakeholder hingga masyarakat luas," ujarnya.

Adapun penghargaan yang diberikan kepada Jasa Marga didasarkan pada dua indikator penerapan GCG, di antaranya Financial Statement dan Organizational Structure and Shareholders.

Dari indikator-indikator tersebut dilakukan penelusuran pada dokumen-dokumen dan informasi perusahaan-perusahaan.

Selain itu, juga dilakukan penelusuran dengan menggunakan pendekatan media monitoring untuk melihat aspek realisasi dari kegiatan GCG yang dilakukan oleh para perusahaan melalui corporate strategy.

Dalam mengelola seluruh bisnisnya, Jasa Marga berkomitmen mengelola jalan tol berkelanjutan dan menjalankan proses bisnis sesuai praktik GCG.

Jasa Marga juga mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol yang salah satunya diwujudkan melalui peningkatan implementasi teknologi digital melalui pengembangan Intelligent Transportation System (ITS).

Sistem ini diketahui mengelola pelayanan jalan tol terintegrasi, sekaligus menjadi pusat informasi lalu lintas.