ADB Kucurkan Pinjaman 650 Juta Dolar AS untuk Bangun Fasilitas Kesehatan Indonesia
Dolar AS (Foto: dok unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) telah menyetujui pinjaman investasi sebesar 650 juta dolar AS untuk meningkatkan dan memperbaiki fasilitas perawatan kesehatan primer dan laboratorium kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

Adapun, perbaikan fasilitas kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pencegahan, deteksi, dan pengobatan penyakit menular, penyakit tidak menular, dan kondisi kesehatan lainnya.

Direktur Pengembangan Manusia dan Sosial (Human and Social Development Director) ADB Karin Schelzig menyampaikan proyek peningkatan dan penguatan perawatan kesehatan primer dan laboratorium kesehatan masyarakat (plus/primary healthcare and public health laboratories upgrading and strengthening) secara langsung mendukung dua proyek pemerintah di bawah agenda transformasi kesehatan indonesia.

Kedua proyek tersebut adalah penguatan perawatan kesehatan primer di indonesia (sophi/strengthening of primary healthcare in indonesia) dan penguatan sistem laboratorium kesehatan publik di indonesia (inpuls/indonesia-public health laboratory system strengthening).

"Ini adalah yang ketiga dari rangkaian dukungan ADB kepada Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan dan melaksanakan Agenda Transformasi Kesehatan Indonesia pasca-pandemi,” kata Karin dalam keterangan resminya, Kamis 14 Desember.

Menurut Karin, proyek tersebut sangat penting lantaran memiliki investasi total hampir 4 miliar dolar AS dan dibiayai bersama dengan tiga bank pembangunan multilateral lainnya yaitu Bank Investasi Infrastruktur Asia, Bank Pembangunan Islam, dan Bank Dunia.

Adapun, berbagai proyek ini akan mengatasi sejumlah kesenjangan dan disparitas kritis dalam kesiapan pelayanan fasilitas perawatan kesehatan primer, laboratorium kesehatan masyarakat, dan rumah sakit rujukan di Indonesia dalam upaya mencapai akses universal terhadap layanan kesehatan berkualitas, serta meningkatkan ketangguhan dan kekokohan sistem kesehatan.

Selain itu, proyek PLUS akan dilengkapi lebih dari 10.000 fasilitas perawatan kesehatan primer dan lebih dari 500 laboratorium kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia agar benar-benar dapat memenuhi standar layanan minimum yang ditetapkan pemerintah.

"Dukungan ini akan termasuk pengadaan peralatan, pengirimannya, pemasangan, pelatihan bagi pengguna, layanan pengoperasian dan pemeliharaan (O&M), serta peningkatan kapasitas dalam O&M," Jelasnya.

Sementara, Direktur ADB untuk Indonesia Jiro Tominaga menyampaikan, investasi tersebut akan menjadi pondasi bagi standardisasi layanan perawatan kesehatan primer dan pengurangan kesenjangan akses ke layanan terstandar, terutama bagi kelompok miskin, penduduk di perdesaan, dan di daerah terpencil.

"ADB senang dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengatasi kesenjangan kritis tersebut," Terangnya.

Jiro menilai proyek ini akan berkontribusi signifikan terhadap mitigasi perubahan iklim di sektor kesehatan melalui peningkatan fasilitas dengan peralatan yang hemat energi.

Penguatan jaringan laboratorium kesehatan masyarakat juga akan memperkuat ketangguhan dan kesiapsiagaan kesehatan guna menanggulangi ancaman pandemi di masa mendatang, termasuk yang berkaitan dengan perubahan iklim.