Investasi yang Cocok untuk Persiapan Pernikahan, Sesuaikan Kemampuan Anda dan Pasangan
Ilustrasi menabung dan investasi nikah (Karolina Grabowska-Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Mencari investasi yang cocok untuk persiapan pernikahan penting untuk dilakukan agar uang yang dimiliki tersimpan dengan baik sekaligus memberikan tambahan keuntungan. Menempatkan uang di sejumlah instrumen investasi dapat membantu Anda membayar beragam tagihan yang akan muncul sebelum menikah seperti membayar WO, mencetak undangan, bahkan membantu mempersiapkan hunian.

Investasi yang Cocok Untuk Persiapan Pernikahan

Agar kebutuhan pra-nikah terpenuhi, disarankan untuk memilih instrumen investasi dengan beragam pertimbangan. Misalnya, waktu, risiko, tujuan investasi, dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa jenis investasi yang cocok untuk persiapan nikah.

  1. Deposito

Investasi desposito cocok untuk persiapan menikah karena berbagai hal, misalnya, jangka waktu yang tersedia beragam. Anda bisa investasi deposito jangka pendek mulai dari 1 bulan bahkan 12 bulan. Anda dan pasangan bisa memutuskan kapan pernikahan akan digelar, setelah itu investasikan uang ke deposito sesuai jangka waktu yang sesuai.

Selain itu deposito lebih minim risiko sehingga investor tak akan kehilangan uangnya. Sebaliknya, uang yang diinvestasikan akan bertambah sesuai besaran bunga deposito.

Deposito juga mudah untuk ditarik serta mudah disimpan. Anda bisa sewaktu-waktu mencairkan uang deposito bahkan tanpa harus pergi ke bank.

  1. Logam Mulia Emas

Jangan ragu-ragu untuk berinvestasi ke logam mulia. Investasi emas sangat menguntungkan terutama dalam jangka panjang. Selain itu emas tidak hanya berguna untuk menjaga uang turun dari nilainya, namun bisa dipakai sebagai hadiah kepada calon istri atau bisa dipakai untuk mahar pernikahan.

Saat ini ada banyak emas yang bisa dipilih mulai dari emas batangan atau emas dalam bentuk perhiasan.

  1. Properti

Seperti halnya emas, Anda bisa menginvestasikan uang Anda dalam bentuk properti baik rumah atau bangunan, maupun tanah. Hampir bisa dipastikan harga properti tidak mengalami penurunan nilai. Selain itu properti bisa digunakan sebagai rumah untuk Anda dan pasangan setelah menikah.

  1. Reksa Dana

Sebelum menikah disarankan untuk menabung reksa dana. Instrumen ini bisa dimiliki dengan modal kecil, bahkan hanya Rp100 ribu. Selain itu Anda bisa membeli reksa dana secara rutin setiap bulan. Ada banyak produk reksa dana yakni reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Masing-masing produk menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda. Disarankan untuk memahami tiap produk reksa dana.

Tips Investasi Sebelum Pernikahan

Jika Anda bingung memilih investasi mana yang akan dipilih, ada beberapa tips yang bisa dipakai yakni sebagai berikt.

  1. Tentukan berapa lama lagi Anda dan pasangan menikah, apakah kurang dari 1 tahun atau lebih. Jika pernikahan diselenggarakan dalam waktu kurang dari 1 tahun maka Anda bisa memilih deposito atau reksa dana. Sebaliknya, jika waktu pernikahan masih lama Anda bisa membeli emas secara bertahap.
  2. Hitung kebutuhan dana pernikahan. Disarankan untuk merinci berapa kebutuhan biaya untuk melangsungkan pernikahan. Jika Anda dan pasangan memiliki tabungan sesuai dengan nominal yang dibutuhkan, segera investasikan ke emas, properti, atau deposito.
  3. Gunakan uang dingin, jangan gunakan uang yang dipakai untuk membayar tagihan atau untuk kebutuhan sehari-hari untuk investasi. Hal itu dilakukan agar tagihan dan kebutuhan hidup tetap terpenuhi.

Anda bisa membaca cara menentukan tujuan investasi, baik jangka panjang maupun pendek dengan berbagai tujuan.

Itulah beberapa investasi yang cocok untuk persiapan pernikahan. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.