6 Peluang Usaha di Bidang Pertanian dengan Keuntungan Menjanjikan dan Tak Pernah Sepi
peluang usaha di bidang pertanian (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peluang usaha di bidang pertanian sangat menjanjikan, namun tidak banyak yang meliriknya. Pertanian merupakan sektor yang tidak bakal mati karena menjadi penghasil bahan pangan untuk kehidupan manusia. Itulah mengapa bisnis di bidang pertanian dapat bertahan lama dan bakal mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. 

Indonesia menjadi negara yang sangat potensial untuk bisnis pertanian karena terdapat lahan pertanian yang sangat luas di berbagai daerah. Sebagai negara agraris, sektor pertanian juga menjadi penopang perekonomian. Oleh karena itu, masyarakat bisa memanfaatkan peluang usaha di bidang pertanian untuk menjadi pebisnis atau mencari penghasilan tambahan.

Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Banyak orang berpikiran bahwa usaha di bidang pertanian harus selalu berupa memiliki lahan sawah dan budidaya tanaman. Padahal selain hal itu, ada berbagai ide bisnis di bidang pertanian yang bisa Anda lakukan.

Berikut ini rekomendasi ide bisnis bidang pertanian yang bisa mendatangkan banyak cuan untuk Anda:

Penyewaan Alat Pertanian

Salah satu peluang bisnis bidang pertanian yang cukup menjanjikan di era sekarang adalah penyewaan alat pertanian. Anda bisa membeli alat-alat pertanian dan menyewakannya kepada pihak-pihak yang ingin menggunakannya untuk menggarap lahan dan tanaman. 

Banyak petani yang memilih menyewa alat pertanian dibandingkan membeli dan memilikinya sendiri. Anda bisa menyewakan alat pendukung atau produksi pertanian, seperti rotavator, cultivator, mesin penanam padi, traktor, mesin pemanen, dan lainnya. 

Budidaya Tanaman

Budidaya tanaman menjadi kegiatan bisnis pertanian yang dilakukan oleh banyak orang karena mampu memberikan keuntungan yang besar. Ada berbagai jenis tanaman yang bisa Anda pilih untuk ditanam dan dibudidaya, misalnya budidaya tanaman pangan pokok (padi, kentang, dll), tanaman organik, tanaman rempah, dan lainnya. 

Supaya usaha bidang pertanian Anda berjalan sesuai harapan, sebaiknya Anda mengecek jenis tanaman yang memiliki permintaan tinggi di pasaran. Dalam pemilihan jenis tanaman, Anda juga perlu melihat musim dan target pasar.  

Jual Pupuk Organik

Ide bisnis pertanian lainnya yang memiliki banyak permintaan adalah pupuk organik. Anda bisa berjualan pupuk organik mengambil dari produsen atau membuatnya sendiri. Pembuatan pupuk bisa Anda lakukan dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan. 

Di antaranya banyaknya produk pupuk kimia yang dijual di pasaran, Anda bisa menawarkan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan bagi kegiatan pertanian. Pupuk organik terbuat dari kotoran hewan dan sampah tanaman yang membusuk. Saat ini banyak petani yang membutuhkan pupuk organik untuk meningkatkan pertumbuhan tanamannya. 

Jual Beli Alat Pertanian

Selain menyewakan alat pertanian, Anda juga bisa menjalankan bisnis menjual alat produksi pertanian. Kegiatan pertanian selalu membutuhkan alat-alat untuk menggarap lahan hingga proses panen, sehingga permintaannya cukup tinggi. 

Anda bisa mencari produsen atau supplier alat pertanian untuk mendapatkan harga lebih murah untuk dijual kembali. Beberapa alat pertanian yang bisa Anda pilih untuk dijual yakni mulai dari alat berat seperti traktor, mesin pemanen, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan alat-alat pendukung seperti penyemprot, diesel, dan lainnya. 

Jasa Evaluasi Kesuburan Lahan

Ide bisnis pertanian lainnya yang juga menarik dilakukan adalah menjual jasa evaluasi kesuburan lahan. Kegiatan bisnis ini cocok bagi Anda yang berpengalaman di bidang pertanian. Apalagi jika Anda memiliki alat-alat penunjang untuk mengevaluasi lahan, seperti pH meter tanah, pH meter air, TDS meter, EC meter, dan lainnya. 

Kulakan Hasil Panen 

Tidak sedikit petani yang enggan menjual hasil panennya langsung ke pasar. Kebiasaan ini bisa Anda manfaatkan dengan menjadi tengkulak yang membeli hasil panen langsung dari petaninya. 

Sebagai pengepul, Anda bisa mendapatkan hasil panen dengan harga yang lebih murah karena diambil dari tangan pertama yaitu petaninya langsung. Anda tinggal membawa hasil panen tersebut untuk dijual ke pasar atau kota. 

Demikianlah beberapa peluang usaha di bidang pertanian yang memberikan keuntungan menjanjikan dan bisa Anda jalani. Untuk bisnis-bisnis di atas memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun sebanding dengan pendapatan yang masuk ke kantong Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.