Kunjungan ke Mesir, Sri Mulyani Teringat Sejarah Panjang Ribuan Tahun
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada awal pekan ini diketahui tengah melakukan kunjungan kerja ke Mesir guna mengikuti agenda tahunan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Dalam kesempatan tersebut, Srimul berkesempatan datang lebih awal sebelum dimulainya hari pertemuan.

Bendahara negara itu kagum atas riwayat panjang bangsa Mesir yang sudah eksis selama lebih dari satu milenium.

“Tidak banyak peradaban bangsa di dunia ini yang terjaga dan terawat hingga ribuan tahun lamanya. Negara yang saya kunjungi kali ini merupakan salah satunya, sejarahnya terbentang begitu panjang, sepanjang Sungai Nil,” ujarnya dalam keterangan tertulis Senin, 25 September.

Setibanya di Ibu Kota Kairo, dirinya transit sejenak sebelum melanjutkan penerbangan menuju Sharm El-Sheikh.

Dia mengaku rombongan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Mesir Lutfi Rauf.

“Beliau pun mengajak saya untuk berkeliling Wisma Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang penuh dengan sejarah. Oh iya, kabar baik bagi pecinta mi instan. Merek mi instan Indonesia sangat digemari di Mesir dan sekitarnya!” tutur dia.

Sri Mulyani mengungkapkan, jika kedatangan awal ini dimanfaatkan untuk mengunjungi The National Museum of Egyptian Civilization.

“Disini, saya dipandu untuk mengenal lebih dekat kronologi sejarah Mesir sejak zaman firaun hingga menjadi Mesir modern seperti saat ini. Malamnya, saya mendarat di Sharm El-Sheikh. Rangkaian agenda AIIB Annual Meeting pun akan dimulai pada pagi ini. Sharm El-Sheikh, 25 September 2023,” tutup Menkeu Sri Mulyani.

Terkait