Sido Muncul Gelar Operasi Katarak Gratis di RS Polri
Foto: Dok. Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77, RS POLRI Kramat Jati, PT. Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) bekerja sama dengan Perdami Cabang DKI Jakarta menggelar bakti sosial kesehatan Operasi Katarak Gratis bagi 200 penderita katatak di RS Polri Kramat Jati, Jakarta, pada Sabtu 24 Juni lalu.

Bakti sosial kesehatan ini dihadiri secara langsung Kapusdokkes (Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan) Polri Irjen Asep Hendradiana serta segenap jajaran pejabat tinggi kesehatan kedua pihak lainnya.

Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan, pelaksanaan operasi katarak gratis adalah bagian dari komitmen Sido Muncul untuk berpartisipasi dalam mempersiapkan generasi muda yang sehat di masa mendatang.

Terlebih, Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi pada 10 tahun ke depan sebagai hasil dari angka kelahiran yang tinggi.

Irwan menambahkan pelaksanaan Operasi Katarak Gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan. Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 56 ribu mata di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil. Sebab orang itu kalau kehilangan penglihatan, 50% kualitas hidupnya hilang. Apalagi masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya. Untuk itu, kehadiran kami di sini bukan hanya membantu saja, melainkan juga memberitahu kepada orang-orang bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi,” ujar Irwan, dikutip Jumat 30 Juni.

Sementara Irjen Pol. dr. Asep Hendradiana menjelaskan, Baktikes Operasi Katarak di Rumah Sakit Bhayangkara dilakukan dengan teknologi phacoemulsifikasi yang menyasar 200 pasien katarak. Adapun sebagai rangkaian HUT Bhayangkara ke-77 menargetkan seribu pasien operasi katarak.

“Kegiatan ini juga merupakan kegiatan lanjutan dari HUT Bhayangkara ke-77. Dengan target operasi katarak mendekati seribu pasien di tahun ini. Insya Allah, target tersebut dapat terlampaui dan tercapai,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Karumkit Polri Kramat Jati, Brigjen Pol. Dr. Hariyanto, Sp.Pd mengatakan bahwa kegiatan baktikes operasi katarak gratis Sido Muncul ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-77.

“Bakti Kesehatan ini sudah dimulai sejak tanggal 22 Juni lalu yang dipusatkan di Surabaya, Jawa Timur dan dibuka Bapak Kapolri. Hari ini sampai tanggal 1 Juli 2023 mendatang masih ada rangkaian bakti kesehatan lainnya,” kata Dr. Hariyanto.

Sebagai tuan rumah penyelenggara operasi katarak, Dr. Hariyanto mengucapkan terima kasih kepada Sido Muncul dan semua pihak atas kerja sama yang solid sejak persiapan hingga pelaksanaan bakti kesehatan.

“Semoga bapak dan ibu sekalian yang menjalani operasi bisa sembuh sempurna dan mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa dengan melihat dunia terang,” ujarnya.

Terkait