Menhub Budi Kaji Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran 2023
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto: tangkapan layar youtube Kemenhub oleh Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan pengaturan lalu lintas jalan tol pada masa mudik Lebaran 2023. Salah satu yang dikaji adalah penerapan ganjil genap.

“Ganjil genap kita pikirkan nanti pada saat akhir atau seminggu sebelumnya baru kita tetapkan perlu ditetapkan atau tidak,” katanya dalam rapat dengan Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Maret.

Kata Budi, pengaturan lalu lintas yang sudah ditetapkan yakni memberlakukan one way atau jalan satu arah. Lalu juga ada, contraflow.

“Beberapa rekayasa lalulintas itu kita lakukan yang akan dijalankan oleh Kakorlantas dan memang kita sudah tetapkan ada one way, ada contraflow, kita menambah rest area, kita juga menambah petugas lapangan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan jika nanti hasil evaluasi rekayasa lalu lintas menunjukkan bahwa diharuskan menerapkan janjil ganap, maka akan dilakukan.

“Kala kita evaluasi bahwa itu relatif tidak mudah maka ganjil genap ini akan kita lakukan,” ucapnya.

Pada kesemapatan ini, Budi mengatakan Tol Cipali akan dilewati banyak pemudik pada musim mudik Lebaran 2023. Karena itu, perlu disiapkan rekayasa lalu lintas.

“Kalau di Cipali yang istimewa itu adalah jumlah pemudik banyak sekali. Sehingga beberapa rekayasa lalu lintas itu kita lakukan, yang akan dijalankan oleh Kakorlantas,” jelasnya.