Masih Awal Ramadan, Jualan Takjil Lumayan Lho, Yakin Engga Pengen Coba?
Ide Jualan Takjil Selama Ramadhan (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam bulan Ramadan, ada banyak peristiwa yang senantiasa dinantikan. Salah satunya yakni dari para penjual takjil buka puasa yang banyak dijumpai dipinggir jalan memasarkan aneka jenis sajian. Takjil seperti telah menjadi hidangan sepatutnya ketika berbuka puasa sebelum menyantap hidangan utama. Butuh ide jualan takjil selama ramadan ?

Sajian takjil ada yang mempunyai rasa manis, gurih, dan menyegarkan. Takjil dengan rasa manis dan menyegarkan umumnya yang paling banyak dicari sebab bisa melepas dahaga sesudah berpuasa 13 jam lamanya. Mengobrol mengenai takjil, adakah yang merencanakan berjualan takjil selama bulan Ramadan ? 

Kesibukan berjualan selama bulan Ramadan tentunya bisa menjadi kesibukan yang menyenangkan dan menjadi ladang pahala ya. Nah, bagi Anda yang mau berjualan selama bulan Ramadan, kali ini ada beberapa inspirasi jualan takjil buka puasa menarik yang menyegarkan dan bikin untung! Yuk, simak 15 inspirasi jualan takjil berikut ini!

Ide Jualan Takjil Selama Ramadan

  • Es Buah

Kenikmatan es buah memang tak dapat terhindarkan sebagai sajian wajib berbuka puasa. Berjualan es buah bisa menjadi inspirasi jualan takjil buka puasa selanjutnya untuk Anda. Satu porsi es buah bisa dihargai mulai dari Rp 5.000. Harga yang benar-benar relatif murah, bukan? Anda bisa mengkombinasikan aneka jenis buah seperti potongan apel, anggur, alpukat, semangka, dan lain-lain dalam satu porsi es buah. 

Tak lupa untuk menambahkan campuran sirop cocopandan dan susu kental manis supaya terasa lebih enak. Satu porsi es buah dengan harga Rp 5.000 bisa meraup profit kurang lebih Rp 3.000, lho. Sehingga, sekiranya Anda memasarkan 30 porsi dalam sehari, profit yang dapat diperoleh dalam satu hari yakni Rp 90.000.

  •  Gorengan

Inspirasi bisnis takjil yang pertama tentunya tak lain yakni dengan berjualan gorengan. Gorengan yakni makanan komplemen yang bisa ditemukan dimomen apa saja, terutama dikala peristiwa puasa ini. Hangatnya gorengan menambah kenikmatan berbuka puasa, apalagi apabila disampaikan dengan nasi dan cabai rawit. Anda bisa memasarkan aneka variasi gorengan seperti tempe mendoan, bakwan, tahu isi, tahu aci, pisang goreng, dan lain-lain. 

Biasanya harga jual per satu gorengan bisa mulai dari Rp 500 sampai Rp 2.000. Anda bisa mulai berjualan 2 sampai 3 jam sebelum waktu berbuka puasa, dan tutup sampai produk habis terjual. Apabila Anda memerlukan gerobak untuk berjualan, pilihlah gerobak dagang simpel yang berkisar dari Rp 500.000 per satuannya. Usaha gorengan kekinian dikala ini juga sedang naik daun lho, Anda mungkin bisa mencobanya!

  • Kolak Pisang

Inspirasi jualan takjil yang keempat yakni dengan berjualan kolak pisang. Kolak pisang juga adalah salah satu menu yang paling banyak dicari dikala Ramadhon. Rasanya yang manis dan bergizi menjadi alasan kenapa kolak pisang mempunyai banyak penggemar. Untuk membuatnya bahkan tergolong simpel. Cukup memerlukan 4 bahan utama yakni pisang, santan, gula, dan daun pandan.

Modal yang diperlukan untuk membikin 10 porsi kolak pisang bisa berkisar mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 60.000. Dengan rincian, 1 sisir pisang kepok dihargai Rp 17.000, harga 200 ml santan mulai dari Rp 7.000, 1 ikat daun pandan mempunyai harga Rp 2.500, dan 1 kg gula pasir dihargai mulai dari Rp 14.400.

  • Aneka Pudding

Berjualan aneka pudding merupakan inspirasi jualan takjil yang ketujuh yang bisa Anda jalankan. Pudding dengan rasanya yang manis dan tampilan yang menarik tentunya akan menggugah selera bagi siapa saja yang menyantapnya. 

Anda bisa memasarkan jenis sajian pudding seperti pudding buah, pudding cokelat, pudding lumut, pudding susu, pudding regal, dan masih banyak lagi ragam pudding yang bisa Anda buat. Harga satu porsi pudding bervariasi tergantung dari ragam pudding yang dipasarkannya. Tapi, ada diantaranya yang dipasarkan dengan harga Rp 10.000 per porsinya (200 ml).

  • Jajanan Pasar

Tidak komplit kalau takjil cuma menghidangkan minuman segar pelepas dahaga. Menyantap aneka jajanan pasar juga menambah kenikmatan kala berbuka puasa. 

Banyak sekali jenis jajajan pasar yang bisa Anda jual seperti kudapan manis cucur,  risol mayo, martabak mini, bolu mini, kudapan manis apem, dan lain-lain. Harga jual per satuan jajanan pasar juga tergolong murah. Mulai dari Rp 1.000 Anda telah dapat menerima risol mayo atau kudapan manis apem. Mengamati kesempatan itu tentunya bisa menjadi inspirasi jualan takjil Ramadhon yang menjanjikan ya gaes.

Jadi setelah mengetahui ide jualan takjil selama ramadhan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!