Ide Bisnis Peternakan yang Menjanjikan dan Tak Mudah Tergerus Oleh Zaman
Ide Bisnis Peternakan yang Menjanjikan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sejak zaman benek moyang ternak atau hewan ternak telah menjadi sumber pendapatan yang baik bagi manusia. Dan saat ini, peternakan tidak diragukan lagi merupakan bisnis yang menghasilkan uang baik dalam skala besar maupun skala kecil. Adakah bisnis peternakan yang menjanjikan?

Jika Anda ingin memulai bisnis produksi ternak maka berikut adalah beberapa ide bisnis peternakan yang paling menguntungkan.

Ide Bisnis Peternakan yang Menjanjikan

Peternakan Kambing Amat Menguntungkan (Unsplash)
Peternakan Kambing Amat Menguntungkan (Unsplash)

 

Peternakan Bebek

Yang pertama adalah peternakan bebek. Ada beberapa ras itik penghasil daging & telur yang tersedia di seluruh dunia. Jika Anda berencana untuk memulai bisnis peternakan dengan biaya rendah maka Anda dapat mempertimbangkan peternakan bebek. 

Anda juga bisa beternak bebek tanpa air. Karena bebek adalah unggas yang tangguh, mereka tidak membutuhkan perawatan dan pengelolaan ekstra.

Peternakan Burung Puyuh

Meskipun burung puyuh adalah burung unggas kecil, budidayanya cukup menguntungkan bagi petani. Keuntungan dari budidaya burung puyuh adalah pertumbuhan yang cepat, kematangan seksual dini, interval generasi pendek & proliferasi dalam produksi telur. 

Selain itu, daging puyuh memiliki lebih sedikit lemak & kalori, menjadikannya makanan yang ideal untuk orang yang sadar kesehatan. Telur puyuh, serta daging, terkenal sebagai sumber yang kaya vitamin, asam amino esensial, fosfolipid, dan asam lemak tak jenuh. Dan semua ini penting untuk perkembangan fisik & mental manusia.

Budidaya Ikan

Budidaya ikan adalah bisnis penghasil uang lainnya bagi agropreneur yang memiliki banyak perairan. Meski demikian, Anda juga bisa memelihara ikan di dalam tangki. 

Anda dapat memilih berbagai jenis ikan mas, udang, lele, udang, dan salmon. Saat memulai bisnis budidaya ikan, penting untuk melakukan studi pasar untuk memahami permintaan lokal. Belakangan ini, budidaya ikan hias juga mulai populer di Indonesia saat ini contohnya, cupang, channa, koi, dan lain-lainnya.

Budidaya Kepiting

Kepiting bakau populer di negara-negara Asia seperti India, Bangladesh, Filipina, Thailand, dll. Negara-negara ini adalah produsen utama kepiting bakau. Perlu dicatat bahwa produk tersebut memiliki permintaan pasar internasional yang sangat besar. 

Daging kepiting bakau juga menggugah selera. Dengan investasi modal yang sangat rendah, Anda dapat dengan mudah memulai dan menjalankan bisnis budidaya kepiting bakau.

Peternakan Sapi Perah

Peternakan sapi perah populer di seluruh dunia. Peternakan sapi perah adalah cara yang bagus bagi petani untuk meningkatkan pendapatan mereka dan akses ke makanan yang lebih bergizi untuk keluarga mereka. Sementara peternakan sapi perah subsisten tidak hanya memberikan susu segar & sumber pendapatan dasar, produk bernilai tambah seperti yogurt & keju, memberikan sumber pendapatan yang lebih tinggi.

Budidaya Mutiara

Saat ini, industri budidaya mutiara semakin menonjol. Mutiara budidaya ini hampir 100 persen dari mutiara yang dijual saat ini. Anda dapat menghasilkan mutiara secara artifisial di peternakan mutiara. Budidaya mutiara merupakan usaha ternak yang sangat menguntungkan, meskipun membutuhkan perencanaan jangka panjang.

Peternakan Kambing

Peternakan kambing merupakan salah satu bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Kambing memberi kita susu dan daging. Peternakan kambing adalah bisnis budidaya ternak dengan investasi rendah & untung tinggi. 

Mereka tidak membutuhkan area yang luas untuk tempat tinggal karena ukuran tubuhnya yang kecil dibandingkan dengan hewan ternak lainnya. Selain itu, peternakan kambing memastikan ROI yang cepat dan tinggi tergantung pada jumlah investasi.

Perlu anda innata, negara kita mayoritas beragama Islam dan kebutuhan helan kambing uituk kurban dan juga aqiqah Amat banyak, sehingga ternak kambing Amat aangaat menguntungkan.

Hewan apa yang paling menguntungkan?

Sapi potong umumnya merupakan ternak yang paling menguntungkan dan paling mudah dipelihara untuk mendapatkan keuntungan. Sapi potong hanya membutuhkan padang rumput yang baik, jerami tambahan selama musim dingin, air bersih, vaksinasi, dan banyak ruang untuk berkeliaran. Anda dapat membeli anak sapi dari peternakan sapi perah dengan harga murah untuk mulai beternak sapi potong.

Pertanian apa yang diminati?

Ada juga permintaan yang meningkat untuk spesialis dalam penanganan dan logistik tanaman hortikultura, buah, sayuran, tanaman dan hewan biji-bijian dan biji minyak.

Budidaya apa yang cepat panen?

  • Ayam
  • Bebek
  • Lele
  • Kroto
  • Kelinci
  • Cacing
  • Kutu Air
  • Jangkrik
  • Ikan Nila

Jadi setelah mengetahui bisnis peternakan yang menjanjikan, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!