Tips Membuka Bisnis Food Court agar Selalu Ramai Pelanggan
Ilustrasi food court (Unsplash/Adrien Olichon)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Usaha kuliner memang menjadi bisnis yang menjanjikan dan tidak pernah mati. Namun tidak hanya menjual makannya, ada pilihan ide bisnis lain dalam bidang kuliner yang juga sangat menguntungkan. Anda bisa mencoba bisnis food court

Bisnis food court adalah bisnis dengan konsep menyediakan tempat bagi berbagai penjual makanan. Bisnis ini cocok bagi anda yang mempunyai lahan yang cukup. Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut  untuk menyewakan booth kepada pengusaha kuliner

Biasanya bisnis food court berada di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, area perkantoran, sekolah, dan lainnya. Food court banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berburu makanan. Banyak orang datang ke food court bersama teman atau keluarga untuk menikmati hidangan di nuansa keramaian. 

Melihat fenomena tersebut, tentu saja bisnis food court memiliki prospek yang bagus. Terlebih mengingat makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Bagaimana sudah ada pandangan untuk memanfaatkan lahan atau ruangan anda untuk food court?

Tips Memulai Bisnis Food Court

Ada beberapa tips atau cara untuk memulai bisnis food court. Berikut tips yang harus anda terapkan agar usaha food court anda laris dan menghasilkan untung besar. 

Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha food court adalah lokasinya. Anda harus memilih lokasi yang strategis atau mudah diakses. Dengan begitu, food court anda akan lebih ramai pengunjung. Itulah mengapa food court biasanya ada di pusat perbelanjaan, area kantor, dan sekolah. 

Namun anda juga bisa memilih lokasi food court yang tidak di pusat keramaian, seperti di atas tadi. Yang penting tempat food court anda berada di lokasi yang mudah di akses. Jangan lupa juga untuk memastikan kapasitas tempatmu apakah memadai untuk banyak orang. Perhatikan juga lahan parkir anda, usahakan yang cukup luas dan tidak merepotkan pengunjung yang datang.

Menyiapkan Booth untuk Penjual

Selanjutnya anda perlu menyiapkan tempat untuk berjualan calon penyewa food court anda. Anda perlu menyiapkan gerai atau booth untuk para pemilik usaha kuliner. Anda bisa membuat booth dengan desain yang tepat dan menarik. Dengan begitu food court anda akan mengundang selera makan orang-orang. 

Jangan lupa juga menyediakan berukuran cukup dengan mempertimbangkan beberapa kebutuhan para penyewa booth. Anda perlu menyiapkan booth yang cukup untuk area pengolahan makanan, area kasir, hingga pembersihannya.

Menyediakan Meja dan Kursi Pelanggan

Anda perlu menyediakan meja dan kursi bagi tempat duduk para pelanggan di food court anda. Karena ruangannya terbuka dan bernuansa meriah, anda perlu menyediakan meja dan kuris dalam jumlah yang mencukupi.

Anda juga perlu mengatur tata letak meja dan kursi. Susunlah dengan desain yang tepat, tidak terlalu berdekatan dan jangan terlalu jauh. Jangan lupa juga untuk memilih meja dan kursi dengan kualitas yang baik. 

Sediakan Fasilitas Pendukung

Langkah selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika ingin bisnis food court adalah menyediakan fasilitas pendukung. Anda perlu menyediakan toilet dan tempat beribadah karena kedua fasilitas ini sangat dibutuhkan oleh pelanggan. 

Jika food court anda berkonsep indoor, anda perlu memasang air conditioner (AC) supaya ruangan terasa nyaman dan sejuk. Anda juga perlu menyediakan WiFi supaya pelanggan bisa betah karena ada akses internet. Anda juga bisa menambahkan area bermain untuk anak-anak. 

Menyusun Sistem yang Tepat

Sebelum memulai bisnis food court, pastikan anda sudah menyusun sistem operasionalnya. Anda bisa menyediakan gerai anda dengan sistem sewa atau bagi hasil. Untuk sistem sewa, anda harus menentukan harga sewa yang harus dibayar oleh pemilik usaha kuliner. Sistem pembayaran bisa tiap bulan atau tiap tahunan. 

Sementara sistem bagi hasil bisa anda terapkan dengan pembagian persentase dari omset. Misalkan anda membuat sistem bagi hasil sebanyak 10-20% dari pendapatan yang diperoleh pemilik warung. Namun kelemahan dari sistem ini adalah pendapatan yang tidak  pasti. 

Menggunakan Sistem pembayaran Digital

Langkah yang wajib anda lakukan saat buka food court di era sekarang adalah menyediakan sistem pembayaran digital. Kini masyarakat sudah lebih suka membayar secara non tuna atau cashless dibanding harus mengeluarkan uang. Apalagi pembayaran non tunai bisa dilakukan dengan mudah hanya lewat ponsel. 

Anda perlu menyediakan pembayaran digital agar pelanggan bisa melakukan tranksaksi menggunakan dompet digital. Pastikan anda memakai sistem pembayaran yang terpercaya. Tidak lupa, anda juga harus menyediakan mesin kasir, mesin QR, dan EDC untuk menunjang pembayaran digital.

Itulah sejumlah tips memulai bisnis food court agar bisa berjalan sukses. Bisnis food court bisa berjalan lancar apabila anda tahu cara mengaturnya. Ingat, dalam usaha food court anda perlu mengutamakan kenyamanan penjual dan pembeli. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan ter-update nasional maupun internasional.