Plataran Bromo Xtravaganza 2022 Ciptakan Ekosistem Kolaborasi dengan UMKM
Ilustrasi (Foto: Dok, Plataran)

Bagikan:

JAKARTA - Plataran Bromo Xtravaganza kembali hadir mengusung gelaran pentas budaya, musik dan olahraga.

Event ini menciptakan suatu ekosistem dengan upaya kolaborasi bersama pemerintah daerah (Pemda), dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat. Sehingga dapat menggerakkan aktivitas perekonomian.

Bromo Xtravaganza mengusung tema 'Musik, Sport dan Climate', puncak acara mempersembahkan Live Concert di atas awan 'Dari Bromo untuk Nusantara' di Putri Dewi Amphitheater yang bertengger di atas bukit dengan pemandangan Gunung Arjuna.

Adapun event ini diselenggarakan di Plataran Bromo, pada Sabtu, 10 September hingga Minggu 11 September.

"Acara Plataran Bromo Xtravaganza ini adalah pengalaman ikonik menikmati konser, olahraga, alam dan budaya di atas awan yang hanya terdapat di Plataran Bromo. Menciptakan suatu ekosistem dengan upaya kolaborasi dengan Pemda, dan UMKM setempat," ujar CEO & Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes, dalam keterangan resmi, Senin, 12 September.

Yozua mengatakan event Plataran Bromo Xtravaganza ini juga merupakan upaya pihaknya menggelar acara hiburan sembari menonjolkan potensi artis-artis muda di Jawa Timur, agar semakin maju dan mendapatkan kesempatan yang sama seperti para senior mereka di industri musik Indonesia.

Para penyanyi legendaris seperti Syaharani dan Trie Utami tampil di panggung Putri Dewi Amphitheater. Barisan artis milenial dari Surabaya, Malang dan Jakarta juga menghibur para pengunjung yang datang.

Kata Yozua, seperti semua acara Plataran lainnya yang dekat dengan masyarakat dan komunitas lokal, acara Plataran Bromo Xtravaganza ini juga menjunjung tinggi program Plataran for the People.

Lewat Plataran UMKM ekosistem, sambung Yozua, event ini juga menyajikan serangkaian sajian yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun masyarakat sekitar lewat sebuah festival kuliner.

"Beragam macam dagangan dan pernak pernik kerajinan hasil UMKM Kabupaten Pasuruan juga dihadirkan," katanya.

Acara Plataran Bromo Xtravaganza juga dilaksanakan bersamaan dengan Bromo Marathon pada Minggu, 11 September.

Garis Start dan Finis berada di Plataran Bromo sebagai Official Race Venue. Bromo Marathon merupakan event lari tahunan di Tosari, Kabupaten Pasuruan, yang kali ke delapan digelar tiap tahunnya. Terkecuali dua tahun pandemi COVID-19.

Adapun rute dan jalur marathon tahun ini cukup menantang dan menyajikan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri khas kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Tahun ini, gelaran Bromo Marathon menargetkan lebih dari 2.000 orang pelari dari 20 negara dan 7.500 penonton.

Bagi wisatawan yang tidak ingin berpartisipasi dalam kegiatan Bromo Marathon, Plataran juga menggelar Plataran Fun Trail. Adalah fun and easy walk dengan rute 2KM dan 4KM sambil menikmati perjalanan alam, menghirup angin segar, sambil dikelilingi pemandangan panorama di atas awan.

Jadi Simbol Kegiatan Event International

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mengharapkan agar gelaran Bromo Marathon Tosari Pasuruan bisa jadi ikon atau simbol dari kegiatan event berskala internasional di Jawa Timur.

Apalagi, event ini juga memberikan efek ganda bagi perekonomian Pasuruan.

"Bromo Marathon Tosari Pasuruan terbukti memberikan banyak multiplier effect bagi aktivitas ekonomi dan menggerakkan para pelaku usaha UMKM lokal yang ada di Pasuruan," kata Emil.

Menurut Emil, Bromo Marathon yang telah diselenggarakan sebanyak 8 kali ini juga harus menjelma sebagai ikon pariwisata baru event berskala internasional, sehingga bisa menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, khususnya Jawa Timur melihat keindahan Gunung Bromo.

"Plataran Bromo selalu mengadakan kegiatan luar biasa yang tentunya akan menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia, terutama Bromo. Dengan mengangkat budaya, olahraga, musik, pelestarian alam, serta mendukung komunitas setempat dan UMKM. Harapan saya, semoga Bromo selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan Pasuruan always fresh," ujar Emil.

Senada, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menilai event ini menjadi peluang mendorong percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dan kunjungan wisatawan.

"Pemerintah daerah Pasuruan sangat berterima kasih kepada Plataran Bromo serta mendukung penuh event Bromo Marathon 2022 dan Plataran Bromo Xtravaganza 2022. Dengan hadirnya Plataran Bromo, keberadaan Kabupaten Pasuruan semakin dikenal, baik di Indonesia maupun mancanegara. Kami selaku pemerintah daerah dan seluruh warga Pasuruan sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari rangkaian acara ini," kata Irsyad.