Demi Lebaran, AirAsia Indonesia Kembali Aktifkan 11 Rute Internasional: Malaysia, Singapura, Thailand dan Australia
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai AirAsia disebutkan kembali mengaktifkan (reaktivasi) 11 rute penerbangan internasional dari dan menuju Indonesia pada penghujung bulan ini.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan keputusan ini dibuat sejalan dengan musim liburan Idulfitri 2022 sekaligus kebijakan pelonggaran mobilitas yang memungkinkan masyarakat dapat bepergian dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah dan otoritas penerbangan di Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara dan Australia yang terus mendukung kebangkitan transportasi udara di kawasan ini,” ujarnya dalam keterangan resmi dikutip Senin, 25 April.

Menurut Veranita, aturan soal relaksasi persyaratan perjalanan internasional, penghapusan karantina bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin penuh dan booster, serta kemudahan bebas visa menjadi pendorong kuat pulihnya sektor industri transportasi penerbangan.

“Kebijakan ini secara signifikan telah meningkatkan minat masyarakat internasional untuk berwisata ke Indonesia dan sebaliknya memudahkan kunjungan masyarakat Indonesia ke luar negeri dalam rangka bisnis, yang kami yakin akan berdampak eksponensial terhadap percepatan pemulihan perekonomian Indonesia,” tutur dia.

Lebih lanjut, Veranita menjelaskan jika reaktivasi 11 rute internasional secara signifikan akan menambah kapasitas jumlah ketersediaan kursi AirAsia dari dan ke Indonesia menjadi lebih dari 48.000 kursi per pekan.

“Pengaktifan kembali 11 rute ini akan menambah jumlah rute internasional AirAsia dari dan ke Indonesia secara keseluruhan menjadi 17 rute, yang dioperasikan oleh AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ), AirAsia Malaysia (kode penerbangan AK) dan AirAsia Thailand (kode penerbangan FD). Selain itu, saat ini AirAsia juga beroperasi di 12 rute domestik di Indonesia.” tegas dia.

Berikut adalah rute lengkap penerbangan internasional AirAsia dari dan ke Indonesia yang mulai berlaku sejak akhir pekan lalu.