Sambut Mudik Lebaran 2022, Kementerian PUPR Lakukan Perbaikan Jalur Pantura
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau jalur selatan. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah terus mempersiapkan berbagai kesiapan infrakstruktur jalan hingga moda transportasi untuk menyambut mudik Lebaran 2022. Mengingat, sudah dua tahun sejak pandemi COVID-19, mudik ditiadakan. Salah satu yang dipersiapkan adalah ruas jalur Pantura.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan selain Jalan Lingkar Brebes-Tegal yang baru saja diresmikan, Kementerian PUPR juga tengah mempersiapkan ruas jalur Pantura lainnya untuk mudik Lebaran 2022.

"Semua perbaikan jalan di jalur Pantura sudah saya minta agar selesai pada H-10 Lebaran 2022," katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 13 April.

Meksipun memasang tenggat waktu penyelesaian, Basuki menekankan semua perbaikan jalan yang dikerjakan harus dipastikan keamanannya.

"Dan dipastikan aman untuk dilalui kendaraan masyarakat yang akan mudik," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan Jalan Lingkar Brebes-Tegal di Jembatan Kaligangsa, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada hari ini. Ia mengatakan kehadiran jalan lingkar ini akan melengkapi struktur jaringan jalan nasional di Pantura dan komplementaritas dengan jaringan jalan tol di Trans Jawa.

"Kita ketahui kepadatan lalu lintas di Brebes-Tegal sangat tinggi, terutama saat mudik Lebaran, Tahun Baru, dan hari-hari libur lainnya. Dengan beroperasinya Jalan Lingkar Brebes-Tegal, diperkirakan akan mengurangi beban lalu lintas hingga 48 persen, sehingga jalur Brebes dan Tegal lebih lancar," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menilai jalur Pantura merupakan jalur yang penting untuk menunjang kelancaran dalam masa mudik Lebaran.

"Jalur ini akan menjadi jalur alternatif untuk mudik Lebaran, sehingga perjalanan mudik masyarakat menjadi lebih lancar dan lebih cepat sampai di tujuan," ucapnya.

Jalan Lingkar Brebes-Tegal memiliki lebar 7,5 meter untuk dua lajur dan dilengkapi dengan delapan jembatan, masing-masing lima jembatan di wilayah Brebes dan tiga jembatan di wilayah Tegal.

Pembangunan Lingkar Brebes-Tegal dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah - DIY dengan kontraktor PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Desember 2019-April 2021.

Adapun biaya pembangunannya bersumber dari APBN sebesar Rp224 miliar. Sebelumnya, pembangunan Jalan Lingkar Brebes-Tegal sudah dimulai 4 km tahun 2010, lalu 2,5 km selanjutnya pada tahun 2017 dengan menelan biaya sekitar Rp115 miliar.