Rayakan Hari Hutan Sedunia, SIG Reklamasi Lahan Bekas Tambang di Tuban
Ilustrasi (dok. SIG)

Bagikan:

TUBAN - PT Semen Indonesia Tbk atau Semen Indonesia Group (SIG) mengumumkan telah mereklamasi lahan bekas tambangnya di Tuban menjadi kawasan hutan yang rimbun. Bersamaan dengan itu, perusahaan dengan kode emiten SMGR tersebut juga menyerahkan 999 bibit pohon kepada Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) sebagai inisiatif perusahaan dalam rangka merayakan Hari Hutan Sedunia.

"Hingga Februari 2022 lalu, di mana dalam dua bulan terakhir SIG telah melakukan reklamasi lahan seluas 329,30 hektar. Di lahan tersebut kami tanami sebanyak 496.058 pohon, meliputi pohon jati, johor, mahoni, sengon, flamboyan, kesambi, juwet hingga trembesi," ujar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, dalam keterangan resminya, Kamis, 24 Maret.

Selama ini, menurut Vita, pihaknya senantiasa berpegang pada penerapan praktik penambangan yang baik dan sejalan dengan pelestarian lingkungan demi kehidupan yang berkelanjutan.

Pelaksanaan reklamasi di kawasan bekas tambang, menurut Vita, dilakukan secara terencana, mulai dari tahap pra-penambangan, sepanjang tahapan usaha pertambangan untuk menata, memulihkan, serta memperbaiki kualitas lingkungan dan ekosistem agar dapat berfungsi kembali sesuai peruntukannya.

Program pemberian bibit ini, menurut Vita, sejalan dengan komitmen mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dalam menjalanan operasional perusahaan. “Bagi SIG, sustainability adalah masa depan yang harus diwujudkan sejak sekarang," tegas Vita.