Startup OtoKlix Berbagi Tips Memilih Parfum Mobil yang Baik Berdasarkan Tekstur dan Penempatannya
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tips memilih parfum mobil yang baik sangat penting. Mengapa? Karena pengharum mobil yang tepat sangat berpengaruh terhadap kenyamanan selama berkendara karena dapat menghasilkan suasana yang tenang dan rileks.

Tim VOI berhasil mewawancarai Helda Sihombing selaku Manager Content di perusahaan startup bengkel OtoKlix.

"Memilih parfum mobil juga tidak mudah. Pasalnya, ada berbagai jenis parfum mobil dengan berbagai bentuk dan aroma bahkan dari berbagai merek yang pastinya membuatmu bingung bagaimana menentukan parfum mobil yang tepat sesuai kebutuhan," ucap Helda saat diwawancarai via daring.

Parfum mobil bertekstur gel dengan aroma sedang

Tips memilih parfum mobil yang baik ini cocok buat kamu yang tidak terlalu menyukai aroma yang menyengat. Parfum mobil bertekstur gel sebenarnya merupakan gabungan tipe parfum berbentuk padat dan cair.

Selain berfungsi sebagai pengharum ruangan, jenis parfum gel ini pada umumnya juga bekerja sebagai deodoran, yaitu mengatasi bau tak sedap dalam ruangan mobil.

"Karena teksturnya berbentuk gel, parfum mobil seperti ini mudah diletakkan di berbagai posisi karena tidak gampang tumpah. Namun, kekurangan jenis parfum ini adalah biasanya aromanya cepat melemah ketika gel sudah mulai menyusut," jelasa Helda Sihombing

Parfum mobil bertekstur cair dengan hasil aroma yang kuat

Parfum mobil jenis ini lebih mudah menguap karena berbentuk cair sehingga aroma yang dihasilkan juga cukup tajam dan menyengat, serta lebih mudah menjangkau seluruh ruangan mobil. Buat kamu yang memang merasa nyaman dengan wewangian yang kuat dan dominan seperti ini sangat disarankan untuk membeli jenis parfum mobil bertekstur cair.

Tipe parfum seperti ini juga pada umumnya identik dengan tampilan bentuk kemasan yang menarik dan mewah. Sehingga tips memilih parfum mobil yang baik bertekstur cair juga dapat membuat interior mobil jadi lebih menarik.

"Pengguna juga perlu mempertimbangkan posisi yang tepat untuk jenis parfum yang mudah tumpah ini. Kamu wajib menempatkannya di permukaan yang rata sehingga tetap aman ketika mobil mengalami guncangan," tegas Helda.

Karena bukan seperti air biasa, maka cairan parfum yang tumpah dapat menimbulkan noda bahkan merusak bagian dashboard mobil.

Parfum mobil bertekstur padat dengan aroma yang lebih ringan

Meski aromanya tergolong ringan dihirup, namun tips memilih parfum mobil yang baik satu ini biasanya lebih bertahan lama di dalam ruangan mobil.

Pada umumnya, tipe parfum ini terbuat dari bahan keramik, resin, plastik, maupun benda padat lainnya yang diberi bahan pewangi. Bentuknya yang padat membuat aroma yang dihasilkan tidak terlalu tajam dan terasa ringan di hidung. Meskipun demikian, parfum bertekstur padat memberikan aroma yang lebih bertahan lama.

Keuntungan lainnya dari jenis parfum ini adalah penempatannya yang sangat fleksibel karena tidak akan tumpah meski terdapat guncangan pada mobil. Jadi, kamu bebas saja apakah ingin menempatkannya di sisi pintu mobil, atau di dashboard, bahkan mungkin di bawah jok mobil.

Parfum mobil berbentuk minimalis di Grille AC

Nah, buat kamu yang menginginkan aroma parfum mobil yang mudah menyebar, kamu bisa mengikuti tips memilih parfum mobil yang baik ini. Melalui proses sirkulasi udara pada AC, aroma parfum berbentuk minimalis ini tentu akan dengan mudah dan cepat menjangkau seluruh bagian ruangan mobil kamu.

Pilihan jenis parfum seperti ini juga beragam, ada yang berbentuk cairan, padat, maupun berbentuk gel. Selain itu, kemasannya pun sangat lucu dan menarik terlebih lagi dengan bentuknya yang mungil cukup menarik perhatian ketika diletakkan di bagian depan grille AC.

Parfum mobil jenis diffuser dengan aroma yang mudah diganti kapan saja

Tips memilih parfum mobil yang baik ini cocok banget buat kamu yang moody-an karena aromanya bisa kamu ubah kapan saja sesuai dengan suasana hatimu.

Proses kerja tipe parfum mobil yang satu ini adalah melalui sumber panas ataupun pemantik rokok pada mobil. Namun, biasanya kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membeli alat diffuser beserta essential oil.

Tidak hanya itu saja, pad yang berperan menyerap aroma yang dihasilkan oleh essential oil yang terdapat di bagian dalam diffuser juga wajib diganti dalam beberapa bulan kemudian.

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Nah, sudah tahu kan tips memilih parfum mobil yang baik dan tepat sesuai dengan kebutuhanmu? Jangan lupa, aroma yang wangi saja tidak cukup untuk membuat perjalanan berkendara kamu terasa nyaman. Performa mesin mobil yang optimal juga harus dijaga.

Caranya bagaimana? Bawa mobil kesayangan kamu ke bengkel untuk melakukan service secara rutin. Merencanakan booking service di bengkel mobil terdekat sekarang praktis banget, cuma di Otoklix!