India Jadi Negara yang Paling Banyak Mengakses Netflix di Tahun 2020
Poster Raat Akeli Hai (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Menutup tahun 2020, layanan streaming Netflix mengumumkan statistik aktivitas yang dilakukan pelanggan melalui Netflix.

Melansir Variety, Jumat, 11 Desember, India menjadi negara yang paling banyak menonton Netflix di tahun 2020. Menurut Monika Shergill, VP Content Netflix India, 80 persen pelanggan di India menonton film di Netflix setiap minggunya.

Raat Akeli Hai menjadi film yang paling banyak ditonton di India. Filmnya menceritakan seorang tuan tanah yang menikah tewas dibunuh. Penyelidikan seorang polisi dipersulit oleh keluarga korban yang memiliki rahasia lain.

Setelah Raat Akeli Hai, peringkat berikutnya disusul oleh film Malang, Ludo, Ala Vaikunthapurramuloo, Kannum Kannum, Kappela, dan Uma Maheswara Ugra Roopasya.

Menilik 10 peringkat pertama, masyarakat India menikmati konten produksi lokal. Dengan masuk ke layanan streaming terbesar di dunia, India menampilkan kapabilitas mereka dalam menghadirkan cerita yang bervariasi.

Film Dokumenter Mulai Diminati

Dokumenter selalu diasosiasikan sebagai tontonan yang serius dan sulit disukai penonton. Tetapi Netflix yang memiliki konten baru setiap bulan dinilai berhasil membawa dokumenter menjadi tontonan yang berisi namun tetap menarik untuk dinikmati.

BLACKPINK: Light Up the Sky menjadi dokumenter yang paling banyak disaksikan di Indonesia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Hong Kong, dan Thailand. Sementara itu, dokumenter musik, Arashi’s Diary populer di Jepang dan American Murder: The Family Next Door populer di Filipina.

Kemudian, ada Bad Boy Billionaires: India yang menarik perhatian masyarakat India serta The Social Dilemma yang paling banyak ditonton di Australia. Tidak hanya thriller, dokumenter bertema isu sosial dan musik juga mendominasi genre dokumenter di Netflix.

Antusias masyarakat terhadap drama Korea masih tinggi seiring banyaknya konten drama yang dibeli Netflix. Empat drama yang populer itu adalah Kingdom, The King: Eternal Monarch, dan It’s Okay to Not Be Okay.

Menariknya, drakor What’s Wrong with Secretary Kim menjadi yang paling populer di Jepang walaupun dirilis pada 2018. Di Indonesia, drakor Start-Up yang baru berakhir memimpin popularitas.

Anime Jadi Fokus Baru Netflix

Anime juga menjadi kategori baru yang menjadi fokus Netflix. Buktinya, jumlah penontonnya dua kali lipat lebih banyak di Asia pada tahun ini. Anime Japan Sinks 2020 dan Pokemon menjadi yang paling banyak ditonton di belahan negara Asia.

Sedangkan negara seperti Thailand dan Filipina memilih film anime Howl’s Moving Castle dan Weathering With You. Antusias masyarakat terhadap Demon Slayer juga ditunjukkan dengan ramainya penonton Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Menyadari animo yang besar, pada bulan Oktober, Netflix mengumumkan kerja sama dengan empat studio animasi besar untuk memproduksi berbagai serial berkualitas. Mereka juga mempersiapkan konten anime yang bisa disaksikan mulai tahun 2021.

Hingga kini, Netflix masih memimpin sebagai layanan streaming dengan jumlah pelanggan terbanyak. Konten baru yang hadir setiap bulan serta variasi konten membuat pelanggan terus merasakan kepuasan dengan berlangganan Netflix.