TPS Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Juga Sediakan Gerai Vaksinasi
Dirjen Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memantau lpelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)/ Foto: Antara

Bagikan:

TANGERANG - Dirjen Bina Pemerintahan Desa Yusharto Huntoyungo dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa di daerah itu.

"Dari pengamatan kita melalui laporan, berikut instrumen yang sudah disiapkan oleh Pemkab Tangerang bawah sudah ada kesesuaian dan konsistensi antara laporan dengan di lapangan," ujar Yusharto saat memantau Pilkades di Desa Bojongkamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Minggu 10 Oktober.

Menurut dia pada pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang saat ini sudah sesuai dengan Permendagri 72 Tahun 2020, dimana penerapan protokol kesehatan COVID-19 sudah diterapkan dengan baik.

"Tadi kami diskusi juga bersama ketua KPPS di tingkat desa, yang mana sudah menyampaikan imbauan dari jauh-jauh hari terkait pilkades ini agar melaksanakan protokol kesehatan," tutur dia.

Ia menuturkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihannya pada pemilihan kepala desa serentak ini sudah mencapai sekitar 90 persen.

"Tinggal menunggu sekitar 40 orang lagi dari 11 TPS (tempat pemilihan suara) di Desa Bojong Kamal, Legok, Tangerang ini," ujarnya.

Selain itu pihaknya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yang sudah bekerja dengan baik, sehingga pada pilkades di tengah pandemi COVID-19 ini berlangsung tertib dan aman dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kemudian, di TPS juga kita bisa menyaksikan ada gerai vaksinasi COVID-19, dimana sudah memvaksinasi kurang lebih belasan orang. Dan ini mudah-mudahan akan diikuti oleh warga sekitar untuk mendukung percepatan program vaksinasi pemerintah," kata dia.

Sementara itu Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengharapkan pada pelaksanaan Pilkades Serentak di 77 desa di Kabupaten Tangerang ini dapat berjalan dengan baik dan aman sampai pada hasil pemilihannya.

Ia menyebutkan bahwa nantinya untuk proses pengamanan surat suara Pilkades tersebut akan dikawal oleh tim pengamanan dari aparat TNI/Polri sehingga nantinya dapat berjalan dengan aman dan tertib.

"Pelaksanaan pilkades di 77 desa saat ini berjalan dengan baik. Mudah-mudahan nanti sampai selesai bisa berjalan baik juga," ucap dia berharap.