Dinkes OKU Selatan Gencarkan Pengawasan Produk Makanan dan Obat
Dinkes OKU Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pengawasan produk makanan dan obat dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, lewat Bimbingan Teknis Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (Bimtek KIE) Keamanan Pangan Tahun 2021.

Meri Astuti, Kepala Dinkes OKU Selatan, mengungkapkan bimtek melibatkan 200 peserta dari organisasi perempuan, pemuda, bidan desa, kader posyandu, dan pelaku usaha industri rumah tangga pangan (IRTP) di wilayah itu.

"Bimtek KIE merupakan bentuk pendampingan Dinas Kesehatan OKU Selatan terhadap pelaku IRTP agar bisa menghasilkan pangan yang aman, bermutu, bergizi, dan sehat," katanya.

Dinkes OKU Edukasi Masyarakat Agar Cerdas dan Teliti Memilih Produk Makanan

Dia menjelaskan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat dalam memilih pangan yang baik untuk dikonsumsi.

Masyarakat, kata dia, diedukasi agar menjadi cerdas dan teliti saat  memilih produk dengan cara mengecek kemasan, label, izin, edar, serta tanggal kedaluwarsa obat atau makanan yang akan dibeli.

Terhadap pelaku usaha IRTP sebagai penyedia pangan, katanya, juga diberikan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam memproduksi pangan yang aman, layak, dan bermutu.

Program Bimtek OKU Diharapkan Meningkatkan Keamanan dan Mutu Produk IRTP

Hal tersebut dilakukan guna melindungi masyarakat dari produk obat dan makanan yang dapat membahayakan kesehatan sehingga dibutuhkan izin resmi dan bersertifikat.

"Semua produk makanan olahan dan obat yang akan dipasarkan harus memenuhi standar keamanan atau izin edar produksi," ujarnya.

Melalui bimtek ini diharapkan meningkatkan keamanan dan mutu produk IRTP yang beredar di pasar sesuai standar yang telah ditetapkan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.