Pemkab Bangka Tengah Bakal Terus Menyalurkan Bantuan Sosial kepada Masyarakat Terdampak COVID-19
Pemkab Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan sosial akan terus disalurkan oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kepada masyarakat. Kebijakan tersebut dilakukan seiring rencana pemerintah pusat yang menyetop distribusi bantuan sosial tunai (BST) kepada warga terkena dampak COVID-19.

"Jika BST harus dihentikan, tentu kita sampaikan kepada warga melalui pemerintah desa, namun bantuan sosial tetap kami gulirkan dari pemerintah daerah kendati dalam bentuk yang berbeda," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis.

Penyaluran BST bagi Warga Terdampak COVID-19 di Bangka Tengah Berjalan Lancar

Algafry menjelaskan, selama ini penyaluran BST sudah berjalan sesuai harapan dan tepat sasaran sehingga masyarakat sangat terbantu dalam melangsungkan kehidupan di tengah bencana mikroba.

"Sosialisasi terkait BST juga sudah kami lakukan secara maksimal, terbuka dan sangat terinci terutama terkait dengan mekanisme pencairan dana," ujarnya.

Sementara itu, Riko seorang warga Bangka Tengah berharap pemerintah tetap menggulirkan bantuan dana tunai bagi warga terdampak COVID-19 tersebut.

"Kita menyadari itu hanya bantuan saat darurat saja, tidak berjangka panjang namun situasi sekarang ini masyarakat masih perlu ditopang untuk bisa bangkit," ujarnya.

Masyarakat Bangka Tengah Masih Butuh Waktu untuk Memulihkan Ekonomi Akibat COVID-19

Kendati penyebaran virus sudah mulai melamban, namun kata dia, warga masih membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa memulihkan perekonomian.

"Selama dua tahun ini perekonomian warga terjun bebas dihantam bencana virus, mereka masih butuh waktu dan butuh topangan dari pemerintah," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.