Satpol PP DKI Jakarta Awasi Jumlah Siswa dan Prokes Sekolah saat Sekolah Tatap Muka Esok
Ilustrasi foto sekolah tatap muka (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta segera melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) saat pembukaan sekolah di Jakarta pada Senin 30 Agustus, besok. Pada PTM besok, petugas Satpol PP dikabarkan akan menjaga tiap sekolah pada pelaksanaan PTM di DKI Jakarta.

Saat dikonfirmasi, Kasatpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan membenarkan adanya penjagaan di tiap sekolah oleh Satpol PP. Penjagaan serentak dilakukan di lima wilayah di Jakarta oleh Satpol PP tiap wilayah.

Menurutnya, untuk di Jakarta Pusat, pihaknya akan mengerahkan personel di tiap sekolah per-Kecamatan. Nantinya, keberadaan Satpol PP untuk memeriksa kesiapan prokes.

"Kami akan kerahkan sekitar 15 personel di sekolah tiap kecamatan untuk mengecek protokol kesehatan dan sarana prasarana saat pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)," kata Bernard saat dihubungi VOI, Minggu 29 Agustus.

Selain sarana prasarana dan prokes, Satpol PP juga akan memantau mengenai jumlah siswa yang sudah ditetapkan melalui peraturan pemerintah.

Dalam pelaksanaan PTM nanti, untuk kategori SD, SMP dan SMA, peraturan tersebut hanya memperbolehkan jumlah siswa maksimal sekitar 50 persen.

"Jadi nanti yang diawasi adalah jumlah siswa dan penerapan prokesnya," ujarnya.

Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerumunan anak sekolah atau mengindari mereka untuk berkumpul usai melaksanakan PTM.

"Kami juga akan mengawasi pada saat pulang sekolah, antisipasi ada jika ada anak-anak yang nongkrong," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun, untuk wilayah Pendidikan JP 1 terdapat 49 sekolah yang akan melaksanakan PTM, sedangkan wilayah Pendidikan JP 2 terdapat 11 sekolah. Jadi total sekolah yang akan melaksanakan PTM di Jakarta Pusat sebanyak 60 sekolah.