Demi Pasien COVID, Staf RSUD Kuala Kapuas Kalteng Pernah Antre 12 Jam Dapatkan Tabung Oksigen
Dirut RSUD Kapuas, dr Agus Waluyo (Foto: ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Bagikan:

KALTENG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan jemput bola yakni pengambilan suplai oksigen ke distributor yang ada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). 

"Ketersediaan oksigen di RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas saat ini kondisinya sangat menipis, dikarenakan pasokan dari produsen yang ada di Banjarbaru sangat terbatas,” kata Dirut RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kapuas, dr Agus Waluyo di Kuala Kapuas dilansir Antara, Senin, 2 Agustus. 

Untuk kebutuhan tabung oksigen per hari berkisar 60-100 tabung gas tergantung kebutuhan jumlah pasien.

Saat ini, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya melakukan jemput bola, yakni staf-staf RSUD secara langsung datang ke pihak distributor, untuk antre mengambil oksigen.

“Seperti yang baru-baru ini, pihak RSUD Kapuas antre selama 12 jam dan ternyata hanya mendapatkan 25 tabung," jelasnya.

Hal ini dikarenakan stok dari produsen yang juga terbatas. Namun pihaknya selalu berupaya agar stok oksigen di RSUD dapat selalu terpenuhi.

Ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan sehingga kasus penularan COVID-19 di Kapuas semakin bisa ditekan.

Karena kasus COVID-19 selalu meningkat dan kebutuhan oksigen juga meningkat, sedangkan pasokan dari distributor menurun.

"Kami mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, sehingga tidak sampai terjadi yang namanya kekurangan oksigen,” demikian.

Terkait