Kapolri Instruksikan Seluruh Kapolda Capai Target 70 Persen Vaksinasi Massal di Hari Kemerdekaan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh Kapolda untuk melakukan percepatan vaksinasi. Ditargetkan vaksinasi massal sudah mencapai 70 persen di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.

"Kami laksanakan video conference dengan para Kapolda pada tanggal 17 Agustus, Insya Allah kami dibantu dengan kerja sama rekan-rekan baik Pemda, TNI serta seluruh relawan akan mampu capai target 70 persen untuk vaksin bersama," ujar Jenderal Sigit di Polda Metro Jaya, Minggu, 1 Agustus.

Untuk mencapai target itu, lanjut Sigit, perlu strategi yang baik. Salah satunya dengan membuat terobosan baru seperti program Vaksinasi Merdeka yang dilakukan Polda Metro Jaya.

"Perlu ada pengorganisasian yang bagus kemudian strategi yang bagus. Tadi setelah dipaparkan, kami kemudian jadi jelas bahwa target ini bisa tercapai," kata Kapolri.

Dengan semakin banyaknya program yang dilakukan di setiap daerah, target itu bukanlah hal mustahil. Sehingga, pembentukan herd immunity pun segera tercapai.

"Agar demikian kegiatan ini dalam upaya akselerasi, menciptakan herd immunity, betul-betul dapat dilaksanakan di seluruh wilayah," ujar Jenderal Sigit.

Sebagai informasi, vaksin merdeka merupakan program Polda Metro Jaya di Agustus 2021. Tujuan program ini untuk mempercepat pembentukan herd immunity.

Vaksin merdeka pun melibatkan para relawan medis. Mereka terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat, dan bidan yang sudah mendapat pelatihan khusus.