Ketua LPAI Himbau Orang Tua Prioritaskan Kepentingan Anak di Masa Sulit
Kak Seto Ketua LPAI (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Seto Mulyadi, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), menghimbau para orang tua agar memberi perhatian pada kepentingan anak meski dalam keadaan situasi sulit, seperti di tengah pandemi COVID-19 ini.

"Mohon apapun keadaannya, ayah dan bunda tetap tersenyum. Kita mungkin lapar, sedih, kecewa, dan lainnya. Tapi untuk anak jangan hal ini terjadi karena anak punya hak hidup dan sehat. Sehat bukan hanya fisik, tapi juga sehat secara jiwa," ujar Kak Seto, dalam diskusi santai LPAI dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2021 yang dipantau via daring di Jakarta, Jumat.

Orang Tua Wajib Membimbing Tumbuh Kembang dan Menjaga Kesehatan Mental Anak

Ia mengatakan, orang tua memiliki peran penting untuk membimbing tumbuh kembang anak-anak agar tetap optimal.

Sebagai generasi penerus, lanjut dia, hak-hak anak harus diperhatikan agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang hebat di masa depan.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang melindungi anak-anak dan menghargai anak-anaknya," ujar Kak Seto.

Dalam kesempatan sama, Sekjen LPAI Henny Adi Hermanoe mengharapkan psikis anak-anak tetap terjaga dengan baik di tengah pandemi ini.

Orang Tua Menjadi Garda Terdepan Melindungi Anak dari Paparan COVID-19

Ia mengakui, pandemi telah membuat banyak orang tua kewalahan dalam menghadapi anak-anak. Diharapkan, para orang tua bisa mendidik anak dengan cara-cara kreatif sehingga psikis anak tetap terjaga dengan baik.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa di samping itu ada keluarga yang harus dapat menjaga anak-anaknya dari paparan COVID-19. Orang tua menjadi tameng terdepan untuk .

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.